Tajam, Terpercaya dan Apa Adanya
Home » » Ungasan "Gelap Gulita", Terjadi setiap "6.000 Jam"?

Ungasan "Gelap Gulita", Terjadi setiap "6.000 Jam"?

Written By Dre@ming Post on Rabu, 23 Maret 2011 | 11:26:00 PM

Rabu, 23 Maret 2011 23:09 WIB

Rp3 Miliar untuk Perbaikan Jaringan PLTG Gilimanuk 

DENPASAR: PLN Distribusi Regional Bali-Nusa Tenggara menyiapkan anggaran sekitar Rp3 miliar untuk perbaikan jaringan PLTG Gilimanuk berkapasitas 130 MW, yang akan berlangsung sekitar 8 hari. Perbaikan rutin ini dilakukan guna menjaga sistem kelistrikan di Bali-Nusra agar tetap dalam kondisi aman.

"Sesuai prosedurnya untuk pembangkit listrik setelah 6.000 jam beroperasi maka harus dilakukan pemeliharaan," tandas General
Manager PLB Bali- Nusra, Dandan Koerniadipoera, Rabu (23/3).

Selain itu, pemeliharaan juga dilakukan untuk dua pembangkit tenaga disel yang disewa PLN, dengan kekuatan 6 MW dan 2 MW. Karena PLTG Gilimanuk sedang mengalami perbaikan, Dandan menegaskan PLN telah menyampaikan imbauan kepada masyarakat khususnya para pelanggan besar dan kelas atas seperti industri perhotelan, untuk menggunakan tenaga genset yang dimiliki saat beban puncak pada pukul 18.00 Wita hingga 21.00 Wita.

Pasalnya pada jam-jam tersebut, saat dilakukan pemeliharaan di PLTG Gilimanuk, daya pembangkit PLN akan mengalami defisit daya listrik antara 30 sampai 40 MW. "Kami mengimbau kepada seluruh pelanggan di Bali agar bisa melakukan penghematan sehingga tidak terjadi pemadaman," harapnya.

Namun, Dandan mengakui kemungkinan untuk terjadinya pemadaman listrik tetap ada. Jika terjadi pemadaman, ia menyatakan tidak sampai pemadaman total melainkan pemadaman bergilir. Diperkirakan sekitar 1.000 pelanggan yang akan mengalami pemadaman bergilir jika benar terjadi defisit daya

Ungasan Giliran Pertama ya Pak Dandan?

Sekitar pukul 18.30 Wita pada hari Rabu, 23 Maret 2011 listrik "jegleg" lampu-lampu pada padam semua Ungasan dan wilayah sekitarnya menjadi gelap gulita. Udara panas menyibak pada setiap ruang kamar tidur akibat kipas angin tidak bisa menyala. Lampu kembali menyala pada pukul 22.33 Wita. 

Rupanya terjadi defisit daya seperti yang dikawatirkan Dandan sehingga sekitar 1000 pelanggan akan mengalami pemadaman bergilir selama 8 hari kedepan dan ini diawali oleh Desa Ungasan. Semoga dengan anggaran Rp3 miliar kedepan tidak akan lagi ada pemadaman bergilir apalagi listrik Jegleg secara tiba-tiba, atau jika akan terjadi pemadaman bergilir minimal masyarakat tahu terlebih dahulu daerah mana yang akan dipadamkan dan kapan sehingga kita tak lagi meraba-raba cari sabun dikamar mandi saat pemadaman terjadi, Bukan begitu Pak Dandan?.
Oleh : I Wayan Arjawa, ST (sumber  MICOM)
Share this article :

Visitors Today

Recent Post

Popular Posts

Post!!

Lawan Politik PDIP Badung Di Gawangi Giri Prasta Malu, Kenapa?

Bupati Giri Prasta jauh lebih besar ketimbang bansos yang dibawa kader non PDIP untuk masyarakat Badung DENPASAR - Lawan-lawan politik...

The Other News

 
Support : Dre@ming Post | Dre@aming Group | I Wayan Arjawa, ST
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Ungasan - All Rights Reserved
Template Design by Dre@ming Post Published by Hot News Seventeen