Tajam, Terpercaya dan Apa Adanya
Home » , » Ulat Bulu...Ulat Bulu...Kok Serbu Bali Sih?. Waspadalah!

Ulat Bulu...Ulat Bulu...Kok Serbu Bali Sih?. Waspadalah!

Written By Dre@ming Post on Senin, 11 April 2011 | 6:29:00 PM

Senin, 11/04/2011 16:15 WIB

Denpasar - Hama ulat bulu telah menyerang dua daerah di Bali, yaitu Kabupaten Buleleng dan Kota Denpasar. Sebanyak 71 orang ahli organisme pengganggu tanaman diterjunkan menyelidiki wabah ulat bulu.

"Ahli sudah kami turunkan ke lapangan untuk mengamati dan meneliti ulat bulu sejak dua hari yang lalu," kata Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Provinsi Bali Made Putra Suryawan di kantornya, Jl Supratman, Denpasar, Senin (11/4/2011).

Suryawan mengatakan hasil penelitian oleh ahli akan dikirim ke laboratorium Universitas Udayana Denpasar untuk mengetahui cara penyebaran dan pengembangbiakannya dan spesiesnya.

"Dari penelitian itu akan diketahui bagaimana cara penanganan yang tepat," kata Suryawan.

Menurut dia, ulat bulu di Bali bentuknya berbeda dengan ulat bulu yang ada di Jawa Timur.  "Ulat bulu di Bali bentuknya berbeda walau sama-sama berbulu. Perbedaan akan tampak jika ulat tersebut sudah menjadi kupu-kupu," katanya.

Perbedaan lainnya, kata Suryawabn, terlihat dari kegemaran ulat melahap tumbuhan atau tanaman.  Di Buleleng, ulat bulu melahap daun benalu yang tumbuh di pohon mangga, namun tidak memakan pohon mangganya.

Pemprov Bali juga telah memberikan 10 alat penyemprotan ke masing-masing kabupaten dan kota di Bali. Alat itu digunakan untuk membasmi hama ulat bulu. Selain itu juga memberikan jenis obat-obatan dan pestisida.

Saat ini penanganan ulat bulu masih dilakukan dengan pembakaran, penyemprotan serta penyuntikkan pohon dengan obat. Pohon yang terserang ulat bulu disuntik agar daun yang dimakan beracun hingga menyebabkan ulat bulu mati.

sumber : detik
Share this article :

Visitors Today

Recent Post

Popular Posts

Post!!

Meraih 137 Emas Badung Pertahankan Gelar Juara Umum Porprov 2017

Wagub Ketut Sudikerta menyerahkan piala kepada juara umum saat upacara penutupan, di lapangan Astina Raya, Gianyar Bali ,Sabtu (23/9/2017...

The Other News

 
Support : Dre@ming Post | Dre@aming Group | I Wayan Arjawa, ST
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Ungasan - All Rights Reserved
Template Design by Dre@ming Post Published by Hot News Seventeen