Tajam, Terpercaya dan Apa Adanya
Home » » Warga Bali Diminta Waspadai DBD

Warga Bali Diminta Waspadai DBD

Written By Dre@ming Post on Kamis, 08 Desember 2011 | 7:02:00 PM

Kamis, 08 Desember 2011 18:59

DENPASAR - Dinas Kesehatan Provinsi Bali mengimbau agar awal 2012 Bali waspada demam berdarah dengue (DBD). Memasuki musim penghujan yang diperparah dengan perubahan iklim yang makin tidak menentu, kemunculan wabah DBD perlu diwaspadai. Apalagi, penyakit ini sejak 1973 tergolong endemik di Bali.

"Berdasarkan informasi perkiraan cuaca yang dikeluarkan BMKG yang menyebutkan bahwa curah hujan di Bali dari November hingga akhir tahun ini akan tinggi. Ini patut diwaspadai kemunculan kasus demam berdarah yang sudah menjadi endemik sejak 1973 di Bali," ujar Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali Nyoman Sutedja, di Denpasar, Kamis (8/12).

Ia memperkirakan kasusnya DBD baru akan mulai muncul pada Januari dan Februari tahun depan. Sebab, curah hujan tinggi secara terus menerus sepanjang akhir tahun seperti yang diperkirakan BMKG Daerah Bali akan menghanyutkan jentik-jentik demam berdarah.

"Ini merupakan patron DBD yang terjadi sejak lima tahun belakang ini," sebutnya.

Dicontohkannya, pada periode Januari-Februari tahun 2011, rata-rata tiap rumah sakit di Bali merawat pasien demam berdarah sebanyak 25 sampai 30 orang per hari. "Bahkan. selama Januari dan Februari, di Kota Denpasar sudah mencapai 200 orang yang dirawat karena demam berdarah," katanya.

Kendati tingkat kasus DBD di Bali adalah yang tertinggi di Indonesia, kasus kematian akibat DBD tergolong
terendah di Indonesia. Hal ini disebabkan tingkat kesadaran kesehatan masyarakat di Bali sudah sangat baik.

"Karena masyarakat takut mengalami DBD maka ketika terjadi gejala gangguan kesehatan segera memeriksakan dirinya ke dokter atau puskesmas," tandasnya.

Sedangkan, untuk angka kasus DBD tertinggi terjadi Kabupaten Badung dan Kota Denpasar. "Ini dipicu karena padatnya jumlah penduduk dan permukiman juga mobilitas penduduk yang tinggi," katanya.

sumber : MICOM
Share this article :

DKS

Visitors Today

Recent Post

Popular Posts

Post!!

Viral Di Medsos Penculikan Anak, Ternyata Kenakalan Remaja

SINGARAJA - Kabar penculikan di Busungbiu berawal dari tiga remaja perempuan yang ketakutan saat digoda pemuda di jalanan. Ada-ada ...

The Other News

 
Support : Dre@ming Post | Dre@aming Group | I Wayan Arjawa, ST
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Ungasan - All Rights Reserved
Template Design by Dre@ming Post Published by Hot News Seventeen