Tajam, Terpercaya dan Apa Adanya
Home » , » Nyepi, Pasokan Air Bersih Dijamin Lancar

Nyepi, Pasokan Air Bersih Dijamin Lancar

Written By Dre@ming Post on Selasa, 20 Maret 2012 | 6:40:00 AM

Selasa, 20 Maret 2012, 06:29

MANGUPURA - Pelayanan air bersih oleh PDAM Badung, hingga Senin (19/3), belum sepenuhnya normal. Sekarang di PDAM masih dalam proses penggelontoran atau flushing pada sistem perpipaan distribusi yang diprediksi baru selesai, Rabu (21/3) besok. Hal ini dikatakan Direktur Utama (Dirut) PDAM Badung I Nyoman Sukanada, kemarin.

Menurutnya, kondisi pasokan air yang bersumber dari Tukad Ayung yang sempat tidak bisa diproduksi karena keruh diambang batas normal, kini berangsur-angsur pulih. Dia menjamin, pasokan air bersih pada Hari Raya Nyepi sudah lancar total alias tidak ada gangguan lagi.

“Terhitung mulai Minggu (18/3) sekitar pukul 11.30 Wita sistem pengolahan air di IPA Belusung sudah normal kembali seperti semula, sehingga pelayanan PDAM perlahan normal kembali. Namun sekarang kami masih melakukan flushing pada sistem perpipaan distribusi dan diharapkan betul-betul normal hari Rabu (21/3). Prinsipnya, Nyepi normal kembali,” jelas Sukanada.

Pelayanan air bersih sebelumnya menggalami gangguan berupa air tidak lancar alias kecrat-kecrit. Hal ini imbas dari kondisi air di Tukad Ayung. Jumlah pelanggan yang mengalami gangguan sekitar 6.000-an yang tersebar di beberapa wilayah Badung seperti Desa Darmasaba, Abiansemal, Desa Dalung, Kuta Utara,
Kelurahan Sading, Sempidi, Lukluk, dan Desa Abianbase, Mengwi.

Sukanada mengaku kondisi ini merupakan yang pertama kali terjadi dalam kurun waktu 36 tahun. Kondisi ini murni akibat faktor alam. Pihaknya menyatakan kendala seperti ini tidak bisa ditangani secara sistem yang ada. Menurutnya, penanganan gangguan seperti ini sangat bergantung pada cuaca. Dikatakan sistem IPA yang ada sebenarnya bisa mengolah air keruh seperti ini, namun tidak memungkinkan karena membutuhkan waktu lama sehingga tidak efektif dan efesien. Dia menegaskan sumber produksi dari Tukad Ayung berbeda dibandingkan dengan IPA yang ada di estuari dam. Menurutnya, kondisi serupa tidak ada terjadi di IPA estuari dam meskipun kondisi air di sepanjang Badung dan Denpasar keruh.

“Ini murni akibat alam, namun juga akibat ulah manusia. Tebing longsor kan bisa diakibatkan karena ada penebangan dan alih fungsi lahan seperti dibangun vila dan lain sebagainya,” kata Sukanada.

sumber : NusaBali
Share this article :

DKS

Visitors Today

Recent Post

Popular Posts

Post!!

Viral Di Medsos Penculikan Anak, Ternyata Kenakalan Remaja

SINGARAJA - Kabar penculikan di Busungbiu berawal dari tiga remaja perempuan yang ketakutan saat digoda pemuda di jalanan. Ada-ada ...

The Other News

 
Support : Dre@ming Post | Dre@aming Group | I Wayan Arjawa, ST
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Ungasan - All Rights Reserved
Template Design by Dre@ming Post Published by Hot News Seventeen