Tajam, Terpercaya dan Apa Adanya
Home » , » Tes Potensi Akademik RSBI

Tes Potensi Akademik RSBI

Written By Dre@ming Post on Selasa, 29 Mei 2012 | 8:52:00 AM

Selasa, 29 Mei 2012 08:59

Lihat Pengumuman TPA di RSBI
DENPASAR - Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2012 mulai ke tahap berikutnya. Setelah sebelumnya dibuka pendaftaran secara online, Senin (28/5) dan Selasa hari ini proses selanjutnya adalah pelaksanaan Tes Potensi Akademik (TPA). Tercatat ada 2.180 peserta mengikuti seleksi ini, sedangkan kuota yang disediakan hanya 1.056 kursi.

Sekolah yang kemarin melangsungkan TPA ini adalah sekolah dengan status Rintisan Sekolah Berstandar Internasional (RSBI) di Denpasar. Sekolah yang direbutkan yakni SMAN 1, SMAN 3, SMAN 4, dan SMAN 5 Denpasar. Tercatat ada 2.180 jumlah siswa yang mengikuti seleksi ini, sedangkan kursi yang disediakan hanya 1.056. Itu berarti siswa yang harus tersingkir setidaknya adalah 1.124 siswa.

Namun untuk menentukan siapa yang berhak masuk ke dalam sekolah-sekolah favorit ini, setidaknya masih harus menunggu proses-proses selanjutnya. Pasalnya, pengumuman untuk TPA ini harus menunggu pengumuman kelulusan SMP yang akan dilaksanakan 2 Juni 2012. “Kami harus menunggu karena hasil TPA itu perlu dikonversikan (gabung) lagi dengan nilai UN dan nilai raport siswa, jadi harus menunggu
pengumuman kelulusan SMP selesai,” kata Kepala SMAN 4 Denpasar, I Wayan Rika, Senin (28/5) kemarin.

Darisana kata dia, baru diketahui nilai secara keseluruhan yang akan dijadikan pertimbangan untuk masuk ke sekolah RSBI tersebut. Selain itu, formula penilaian tersebut dianggap lebih adil untuk menentukan calon siswa. “Jadi nilai TPA itu tidak bersifat mutlak,” ujarnya didampingi Kepala SMAN 5 Denpasar, I Nyoman Winata. Untuk itulah belum tentu siswa yang tinggi nilai TPA belum pasti bisa masuk, pun demikian belum tentu juga dengan siswa yang nilai UN tinggi bisa lolos kalau nilai TPA rendah. Pasalnya, kedua poin penilaian tersebut akan dikonversikan lagi dengan nilai UN dan nilai rapor calon siswa. Itu berarti ada tiga poin penilaian yakni berdasarkan nilai TPA, nilai raport serta nilai hasil UN. Hanya saja biasanya siswa yang tinggi nilai TPA juga tinggi pada nilai UN. Hal ini dikarenakan bidang pelajaran yang diujikan sama dengan pelajaran UN.

sumber : NUSABALI
Share this article :

DKS

Visitors Today

Recent Post

Popular Posts

Post!!

Viral Di Medsos Penculikan Anak, Ternyata Kenakalan Remaja

SINGARAJA - Kabar penculikan di Busungbiu berawal dari tiga remaja perempuan yang ketakutan saat digoda pemuda di jalanan. Ada-ada ...

The Other News

 
Support : Dre@ming Post | Dre@aming Group | I Wayan Arjawa, ST
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Ungasan - All Rights Reserved
Template Design by Dre@ming Post Published by Hot News Seventeen