Tajam, Terpercaya dan Apa Adanya
Home » , » Ikan Kemasan Produksi Bali Hadirkan Devisa US$17,7 Juta

Ikan Kemasan Produksi Bali Hadirkan Devisa US$17,7 Juta

Written By Dre@ming Post on Minggu, 21 Oktober 2012 | 8:03:00 AM

Minggu, 21/10/2012 07:59

ikan kemasan - ist
DENPASAR - Ikan dalam kemasan yang diproduksi di Bali mampu meraup devisa senilai US$17,7 juta selama Januari-Agustus 2012 atau meningkat 14,13 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya senilai US$15,5 juta.

"Produksi ikan dalam kemasan kaleng daerah ini tampaknya mampu memenuhi selera konsumen luar negeri sehingga mengalami kenaikan, baik dalam volume maupun perolehan devisanya," kata Kepala Seksi Ekspor Disperindag Provinsi Bali, Putu Bagiada, di Denpasar, Sabtu (20/10).

Volume pengapalan mata dagangan hasil laut yang sudah diolah dalam pabrik tersebut tercatat 5.899 ton selama periode tersebut atau naik 23,49 persen jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu yang hanya 4.777 ton.

Ia mengakui ikan dan udang produksi Bali sebagian besar memasuki pasar Jepang, sedangkan daging dan ikan olahan ke Amerika Serikat, jadi kedua negara konsumen tersebut paling besar membeli hasil perikanan
dan daging olahan daerah ini.

Pemerintah Provinasi Bali pernah tidak mencatat realisasi ekspor ikan dalam kemasan kaleng sehingga hilang dari daftar perolehan devisa nonmigas Bali, ini bukan berarti usaha industrinya tidak berproduksi atau macet.

Usaha Industri pengalengan ikan di Bali, masih tetap berproduksi bahkan volumenya meningkat, bahan baku berupa ikan lemuru mendatangkan dari luar negeri ykani asal India akibat hasil tangkapan nelayan berkurang. 

sumber : MICOM
Share this article :

Dunia Bintang School

Visitors Today

Recent Post

Popular Posts

Post!!

Bunga Kamboja Kelopak 4 Datangkan Rejeki Dan Keberuntungan, Fakta/Mitos?

Di balik penampilannya yang cantik, ternyata ada banyak hal mistis dan mitos di balik bunga kamboja. Apa saja fakta dan mitos bunga kamboja?...

The Other News

 
Support : Dre@ming Post | Dre@aming Group | I Wayan Arjawa, ST
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Ungasan - All Rights Reserved
Template Design by Dre@ming Post Published by Hot News Seventeen