Tajam, Terpercaya dan Apa Adanya
Home » , » Memegang Ijazah Kejar Paket A, B, dan C Tak Perlu Ikut UN Formal

Memegang Ijazah Kejar Paket A, B, dan C Tak Perlu Ikut UN Formal

Written By Dre@ming Post on Senin, 24 Desember 2012 | 8:17:00 AM

Sabtu, 22 Desember 2012, 08:39

Ujian kejar paket - ilustrasi
DENPASAR - Lulusan yang sudah memegang ijazah kejar paket baik paket A, B, dan C mulai tahun ajaran 2013 tidak perlu mengikuti Ujian Nasional (UN) 2013 pada sekolah formal. Pasalnya, ijazah mereka kini dianggap setara dengan lulusan sekolah formal. Berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, banyak lulusan dari sekolah kejar paket yang sudah memegang ijazah baik tingkat SD, SMP hingga SMA/SMK kembali mengikuti UN pada sekolah formal. Hal itu dilakukan untuk menempuh pendidikan yang lebih tinggi lagi.

”Jadi ijazah pendidikan kesetaraan diakui setara dengan ijazah yang dikeluarkan lembaga pendidikan formal,” kata Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Bali AA Ngurah Gde Sujaya, Minggu (23/12). Untuk itulah kata dia, lulusan kejar paket bisa menggunakan ijazah mereka sampai ke level perguran tinggi (PT). ”Jadi tidak perlu lagi ikut UN formal,” ulangnya.

Kebijakan yang melarang pemilik ijazah kejar paket untuk kembali ikut pada sekolah formal, kata dia, juga berdasarkan Prosedur Operasional Standar (POS) UN 2013. Namun, mengutip dari kebijakan pada POS UN 2013, siswa sekolah formal yang tidak lulus UN tahun pelajaran 2011/2012 bisa mengikuti UN tahun ini dengan syarat masih tercatat sebagai siswa aktif. Kemudian syarat lainnya adalah memiliki nilai ujian sekolah dan diusulkan oleh sekolah yang bersangkutan sebagai peserta UN 2013. Hanya saja pihaknya kembali menegaskan kebijakan itu tidak berlaku jika siswa yang tahun kemarin tidak lulus namun yang bersangkutan sudah mengantongi ijazah kejar paket. Untuk peserta UN yang tahun kemarin gagal namun masih aktif dan belum memegang ijazah paket, maka siswa yang bersangkutan akan mengikuti UN pada semua mata pelajaran yang di-UN-kan. ”Jadi tidak bisa hanya mengikuti pelajaran yang tahun lalu tidak lulus saja,”
ungkapnya.

Hanya saja teknisnya, dinas akan mengambil nilai yang tertinggi, jika nilai tertinggi didapat dari tahun ini maka nilai yang diambil adalah tahun ini. Sebaliknya, jika yang tertinggi nilai tahun lalu, maka nilai yang diambil adalah nilai tahun sebelumnya. Untuk pelaksanaan UN 2013 tingkat SMA/MA nanti direncanaan akan berlangsung pada 15 April 2013. Sedangkan untuk tingkat SMP/Mts pada 22 April 2013, selain itu, untuk pelaksanaan UN Pendidikan Kesetaraan untuk paket Paket A (setingkat SD), B (SMP) dan C (SMA) akan dilaksakan bersamaan dengan pelaksanaan UN di sekolah formal. Namun waktunya yang akan berbeda.

UN tahun 2013 juga akan berbeda, yakni dengan menggunakan 20 variasi paket soal. Hal itu berbeda jika dibanding dengan UN tahun sebelumnya yang hanya memakai paket soal maksimal 5 paket. Untuk itulah UN 2013 dipastikan akan lebih sulit dan berat bagi siswa yang bersangkutan. Diharapkan pihak sekolah sudah mempersiapkan anak didiknya untuk belajar sejak kini termasuk para orang tua siswa yang harus memberikan motivasi. 

Dre@ming Post______
sumber : NusaBali
Share this article :

Dunia Bintang School

Visitors Today

Recent Post

Popular Posts

Post!!

Bunga Kamboja Kelopak 4 Datangkan Rejeki Dan Keberuntungan, Fakta/Mitos?

Di balik penampilannya yang cantik, ternyata ada banyak hal mistis dan mitos di balik bunga kamboja. Apa saja fakta dan mitos bunga kamboja?...

The Other News

 
Support : Dre@ming Post | Dre@aming Group | I Wayan Arjawa, ST
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Ungasan - All Rights Reserved
Template Design by Dre@ming Post Published by Hot News Seventeen