Tajam, Terpercaya dan Apa Adanya
Home » , , » 14 Ribu Pendaftar Unud Tersingkir

14 Ribu Pendaftar Unud Tersingkir

Written By Dre@ming Post on Selasa, 28 Mei 2013 | 7:34:00 AM

Rektor Unud Prof I Made Bakta SpPD (KHOM) - Total peserta yang sudah terdaftar mencapai 16.396 orang, sedangkan kuota yang disediakan hanya sebesar 1.711. Itu berarti akan ada 14.685 peserta yang dipastikan tersingkir dalam pendaftaran jalur SNMPTN. Kuota sebanyak 1.711 ini adalah 50 persen dari total daya tampung Unud. ”Memang cukup berat persaingannya,” kata Prof Bakta, Senin (27/5).
Peta persaingan untuk menjadi mahasiswa di Universitas Udayana (Unud) semakin ketat untuk tahun akademik 2013/2014. Hal ini terjadi pada jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Dari 1.711 kursi, hingga saat ini jumlah pendaftar sudah mencapai 16.396 orang.

Rektor Unud Prof I Made Bakta SpPD (KHOM), mengatakan jumlah peserta yang mendaftar dalam jalur ini sangat tinggi. Total peserta yang sudah terdaftar mencapai 16.396 orang, sedangkan kuota yang disediakan hanya sebesar 1.711. Itu berarti akan ada 14.685 peserta yang dipastikan tersingkir dalam pendaftaran jalur SNMPTN. Kuota sebanyak 1.711 ini adalah 50 persen dari total daya tampung Unud. ”Memang cukup berat persaingannya,” kata Prof Bakta, Senin (27/5).

Jumlah 1.711 kursi ini terdiri dari 44 program studi yang tersebar di 13 Fakultas di Unud. Namun demikian, kata Prof Bakta, masih ada jalur lain yang bisa ditempuh untuk mengisi kuota 50 persen sisa dari SNMPTN. Jalur itu adalah jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan Seleksi Jalur Mandiri. ”Rinciannya kuota 30 persen akan diisi melalui jalur SBMPTN sedangkan sisanya 20 persen dari Seleksi Jalur Mandiri,” imbuhnya. Berdasarkan data yang terangkum, lebih dari 60 persen peserta yang mendaftar menjadikan Unud sebagai kampus negeri pilihan pertama, sisanya menjadikan Unud sebagai kampus negeri pilihan kedua. ”Ada sekitar 9.134 pendaftar yang menempatkan Unud sebagai PTN pilihan pertama, sedangkan 7.262 pendaftar menjadikan Unud sebagai pilihan kedua,” ungkapnya.

Sementara itu, seperti tahun-tahun sebelumnya, Fakultas Kedokteran menjadi fakultas yang paling banyak diminati oleh calon mahasiswa. Tercata ada sebanyak 2.323 orang yang berminat pada fakultas calon dokter ini. Padahal kuota yang disediakan hanya 100 kursi. Program selanjutnya yang diminati adalah Program Studi Keperawatan dibawah Fakultas Kedokteran. Dalam program ini jumlah pelamar mencapai 1.210 orang. Kuota yang disediakan dalam program ini sebanyak 35 kursi saja. (Lihat tabel). Dari sejumlah program studi, Program Studi Sastra Daerah Jawa Kuno menjadi Fakultas yang paling sedikit diminati. 



sumber : NusaBali
Share this article :

DKS

Visitors Today

Recent Post

Popular Posts

Post!!

Viral Di Medsos Penculikan Anak, Ternyata Kenakalan Remaja

SINGARAJA - Kabar penculikan di Busungbiu berawal dari tiga remaja perempuan yang ketakutan saat digoda pemuda di jalanan. Ada-ada ...

The Other News

 
Support : Dre@ming Post | Dre@aming Group | I Wayan Arjawa, ST
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Ungasan - All Rights Reserved
Template Design by Dre@ming Post Published by Hot News Seventeen