Tajam, Terpercaya dan Apa Adanya
Home » , » Desa Akan Terima Rp 3 Miliar

Desa Akan Terima Rp 3 Miliar

Written By Dre@ming Post on Jumat, 15 November 2013 | 7:18:00 AM

Gelontoran dana ke desa sekitar Rp 3 miliar per desa, membuat Pemkab Badung waswas.
MANGUPURA - Gelontoran dana ke desa sekitar Rp 3 miliar per desa, membuat Pemkab Badung waswas. Pasalnya, dana stimulus pembangunan yang cukup besar tersebut berpotensi penyimpangan. Tak ayal, bila kemudian Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Pemerintahan Desa (BPMD dan Pemdes) Baudng tiap tahun melakukan pemeriksaan.

“Tiap proses penganggaran terutama perencanaan akan diverifikasi. Kalau sudah sesuai, dana baru bisa dicairkan. Tiap tahun anggaran juga ada pemeriksaan agar anggaran sesuai pemanfaatannya,” ujar Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Pemerintahan Desa (BPMD dan Pemdes) Kabupaten Badung Putu Gede Sridana, belum lama ini. Guna menekan terjadinya penyelewengan, Sridana juga meminta kepada masyarakat untuk melaporkan kalau terjadi keganjilan. Dengan begitu, dalam pengelolaan anggaran desa bisa selalu terpantau paling tidak oleh masyarakat sendiri. Di Badung ada 46 desa yang memperoleh gelontoran dana penyisihan 10 persen dari pajak hotel dan restoran (PHR).

Masing-masing desa memperoleh gelontoran berkisar Rp 2,5 miliar sampai Rp 3 miliar. Sridana tidak menampik jika besarnya dana yang diberikan ke desa berpotensi penyimpangan. Makanya, pemkab melakukan sejumlah upaya agar dana di desa tidak disalahgunakan. Pemkab melakukan verifikasi mulai dari tahap perencanaan kegiatan hingga pelaksanaan. Bagaimana soal dikotomi antara desa dan kelurahan, Sridana mengaku sudah menindaklanjuti ke pemerintah pusat. Masalahnya bukan soal dapat atau tidak dapat penyisihan dana 10 persen dari PHR. Namun 16 kelurahan di Badung sudah ditetapkan menjadi serupa dengan satuan kerja perangkat daerah (SKPD).



propinsibali.com_____
sumber : NusaBali
Share this article :

DKS

Visitors Today

Recent Post

Popular Posts

Post!!

Viral Di Medsos Penculikan Anak, Ternyata Kenakalan Remaja

SINGARAJA - Kabar penculikan di Busungbiu berawal dari tiga remaja perempuan yang ketakutan saat digoda pemuda di jalanan. Ada-ada ...

The Other News

 
Support : Dre@ming Post | Dre@aming Group | I Wayan Arjawa, ST
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Ungasan - All Rights Reserved
Template Design by Dre@ming Post Published by Hot News Seventeen