Tajam, Terpercaya dan Apa Adanya
Home » , » Capai 104.203 Wisatawan, Tebing Pandawa Dikeruk untuk Parkir

Capai 104.203 Wisatawan, Tebing Pandawa Dikeruk untuk Parkir

Written By Dre@ming Post on Jumat, 24 Oktober 2014 | 7:32:00 AM

Diakuinya, jika dalam keadaan ramai, wisatawan domestik bisa mencapai 104.203 ribu orang dalam sebulan, sementara wisatawan manca negara mencapai 10.595 ribu wisatawan.
DENPASAR - Pantai Pandawa yang menjadi primadona baru tujuan wisata di kawasan Kuta Selatan, makin menyedot minat wisatawan untuk berkunjung. Dampak sampingan yang dihadapi pengelola, antara lain perihal ketersediaan areal parkir, terutama untuk kendaraan roda empat atau bus pariwisata.

Salah satu langkah yang diambil saat ini dengan melakukan pengerukan tebing sebelah barat pantai tersebut guna menambah lahan parkir. Pengerukan yang dilakukan selain untuk menambah luas lahan parkir, tebing yang dikeruk dibuat seindah mungkin agar mendukung pemandangan pantai setempat.

“Ya, memang kami sengaja melakukan pengerukan tebing bagian barat pantai ini, guna untuk menambah lahan parkir kendaraan roda empat. Karena saat ini lahan parkir untuk kendaraan roda empat sudah tidak memadai lagi. Ini dikarenakan kunjungan wisatawan baik lokal maupun manca negara saat ini mulai meningkat,” kata Kepala Divisi Administrasi Pantai Pandawa I Wayan Latra saat ditemui, Rabu (22/10) siang. Lanjut dia, di areal bagian bawah pengerukan tersebut nantinya dimanfaatkan untuk lahan parker. Sedangkan tebing yang dikikis menggunakan ekskavator, ditatah sedemikian rapi agar memiliki nilai jual. Dikatakannya, pemandangan tebing yang baru dibuat tersebut diharapkan bisa seperti tebing-tebing yang sudah ada di kawasan Pandawa sebelumnya yang memiliki unsur seni. “Pandawa ini kan tidak hanya terkenal dengan pantainya saja, tapi karena adanya keindahan alami dari tebing yang sudah dibuat serapi mungkin. Jadi, ada nilai jual yang ada jika selesai dibuat,” tutur Latra. Selain itu, kata dia, pembukaan lahan parkir serta penataan tebing tersebut agar wisatawan nantinya menyebar secara merata di seluruh kawasan pantai sepanjang tiga kilometer tersebut. Diakuinya, selama ini penumpukan wisatawan sering terjadi hanya pada satu titik. Sebagai langkah mengatasi persoalan itu, pihaknya terus mengkaji terkait persoalan tersebut. “Selama ini wisatawan hanya menumpuk di satu titik saja, makanya dengan membuka lahan serta penataan tebing sebelah barat ini diharapkan mampu mengatasi persoalan tersebut,” tandas Latra.

Dijelaskannya, terkait pengikisan gunung tepi barat tersebut sudah dikaji secara mendalam oleh pihaknya serta atas dasar persetujuan dari pihak Desa Kutuh, Kuta Selatan. Sehingga, proses pembuatannya pun berjalan lancer. “Kami sudah mengkaji secara mendalam juga terkait dampak serta efek yang terjadi setelah pengerukan tersebut. Tapi karena dianggap tidak membahayakan makanya langsung dilaksanakan,” tegasnya. Dipaparkannya, saat ini lahan parkir kendaraan roda empat di kawasan Pantai Pandawa hanya mampu menampung tidak lebih dari seribu kendaraan. Sementara, kendaraan roda empat yang masuk dalam seharinya bisa mencapai 5.000 kendaraan pribadi serta 300 hingga 400 bus. “Ya, memang tidak ada kendaraan yang bertahan di sini dalam sehari. Jadi, begitu ada kendaraan masuk, ada juga kendaraan keluar sehingga sejauh ini masih bisa diatasi,” imbuhnya.

Diakuinya, jika dalam keadaan ramai, wisatawan domestik bisa mencapai 104.203 ribu orang dalam sebulan, sementara wisatawan manca negara mencapai 10.595 ribu wisatawan.






sumber : NusaBali
Share this article :

Dunia Bintang School

Visitors Today

Recent Post

Popular Posts

Post!!

Bunga Kamboja Kelopak 4 Datangkan Rejeki Dan Keberuntungan, Fakta/Mitos?

Di balik penampilannya yang cantik, ternyata ada banyak hal mistis dan mitos di balik bunga kamboja. Apa saja fakta dan mitos bunga kamboja?...

The Other News

 
Support : Dre@ming Post | Dre@aming Group | I Wayan Arjawa, ST
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Ungasan - All Rights Reserved
Template Design by Dre@ming Post Published by Hot News Seventeen