Tajam, Terpercaya dan Apa Adanya
Home » , , » Banjir Kecaman Korban 'Pungli' SIM, Diduga Facebook Humas Mabes Polri

Banjir Kecaman Korban 'Pungli' SIM, Diduga Facebook Humas Mabes Polri

Written By Dre@ming Post on Sabtu, 14 Februari 2015 | 9:34:00 AM

Facebook yang diduga milik Mabes Polri
JAKARTA - Praktik pungutan liar pengurusan surat izin mengemudi (SIM), tampaknya masih menjamur di berbagai daerah Indonesia.

Setidaknya, itu tampak ketika akun Facebook Divisi Humas Mabes Polri, mengunggah grafis daftar biaya pengurusan SIM dan STNK yang berlaku di seluruh daerah, Jumat (13/2/2015).

Dalam unggahan tersebut, tertera biaya penerbitan SIM A, SIMA B I dan II, SIM C, dan SIM D (khusus penyandang cacat) adalah Rp 120 ribu.

Sementara penerbitan SIM internasional hanya memakan biaya paling tinggi Rp 250 ribu.

Namun, puluhan netizen, pada kolom komentar unggahan itu, mengadukan harga itu tak sesuai kenyataan. Pasalnya, mereka dimintakan biaya yang lebih besar dari ketentuan tersebut.

"Di Blok M (Jakarta) kok saya dikenakan 300k (Rp 300 ribu) ya. Apa ada PP-nya smpe jadi lbih mahal lagi??," tulis akun bernama Lukman Aflah Al-Hakim.

Sementara akun Paskah Paul, yang mengaku berada di Kalimantan, mengatakan: "Baru tau aq Pak Polis sim B2 segitu harganya, kok beda jauh ya d wilayah kalimantan sampai 1,5 juta."

Kecaman terus mengalir melalui kolom komentar tersebut, termasuk dari akun yang mengaku berada di wilayah Pulau Sumatera. "Kok di Lampung Saya bisa habis 360ribu. gimana pak," cecar akun bernama Adi Irawan

"Di Jambi khusunya Tebo, kemaren saya tnya perpanjangan sim A 390.000,-, knapa bisa begitu min. klo penerbitan ya sama aja segitu," tutur akun Iecka Youni's Bawell

Namun, administrator akun Humas Mabes Polri tersebut tak sekali pun membalas pengaduan-pengaduan netizen tersebut. Alhasil, sikap diam administrator tersebut, menjadi kecaman pengadu yang kesal.

"Realita di lapangan sangat hauh berbea. Tapi percuma komentar disini. Adminnya ga responsif," tegas akun bernama Radenmas Russy Rusyanto

"Ini pembohongan publik itu... tak sesuai realita...dasar lintah darat..." tambah akun Tuanku Mudrikal Este Hingga berita ini diunggah, belum bisa memastikan akun Humas Mabes Polri tersebut merupakan resmi milik divisi Mabes Polri.






sumber : tribun
Share this article :

DKS

Visitors Today

Recent Post

Popular Posts

Post!!

Fakta Terungkap, Diperkirakan 10 Kg Sabu-sabu Senilai Rp 15 Miliar Lolos di Ngurah Rai

Manjet Singh (23) bersama rekannya Harvinder Singh (26) asal India diamankan polisi. Keduanya diamankan saat tinggal di kamar hotel nomor...

The Other News

 
Support : Dre@ming Post | Dre@aming Group | I Wayan Arjawa, ST
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Ungasan - All Rights Reserved
Template Design by Dre@ming Post Published by Hot News Seventeen