Tajam, Terpercaya dan Apa Adanya
Home » , , , , » Bergulir Isu Rombak Fraksi DPRD Bali

Bergulir Isu Rombak Fraksi DPRD Bali

Written By Dre@ming Post on Senin, 30 Maret 2015 | 7:56:00 AM

Plt Ketua DPD I Golkar Bali kubu Agung Laksono, Gede Sumarjaya Linggih
DENPASAR - Wacana perombakan Fraksi Golkar pasca dimenangkannya kubu Agung Laksono (Ketua Umum DPP Golkar versi Munas Ancol) oleh pemerintah, bukan hanya bergulir di DPR RI 2014-2019. Wacana serupa juga bergulir di Fraksi Golkar DPRD Bali 2014-2019. Ketua Fraksi Golkar DPRD Bali dari kubu Aburizal Bakrie (Ketua Umum DPP Golkar versi Munas Nusa Dua), I Wayan Gunawan, pun harus siap-siap kehilangan jabatan.

Informasi yang dihimpun lingkaran Golkar Bali, Minggu (29/3), menyusul penetapan Agung Laksono sebagai Ketua Umum DPP Golkar oleh pemerintah melalui Menkum HAM, kini tidak ada alasan lagi bagi anggota Fraksi Golkar, termasuk di DPRD Bali, untuk cawe-cawe. "Mereka (kubu Aburizal Bakrie) yang selama ini selalu mengatakan Munas Ancola tidak sah, harus siap-siap legowo dirombak. Konfirmasi saja Pak Demer (Plt Ketua DPD I Golkar Bali kubu Agung Laksono, Gede Sumarjaya Linggih, Red)," ujar sumber tersebut. Dihubungi secara terpisah di Jakarta, Minggu kemarin, Gede Sumarjaya Linggih alias Demer menyatakan Agung Laksono sudah pasti akan merombak Fraksi Golkar, baik di DPR maupun DPRD termasuk Bali. “Tak ada pilihan, Fraksi Golkar DPRD Bali juga dirombak,” tegas Demer.

Demer menyatakan, kalau mau loyal denga DPP Golkar pimpinan Agung Laksono yang telah ditetapkan Menkum HAM, dipersilakan bergabung. “Kalau tidak, ya kena rombak. Anggota Fraksi Golkar akan diposisikan sesuai dengan PDLT (prestasi, dedikasi, loyalitas, dan tidak tercela. PDLT itu ukurannya," lanjut politisi asal Desa Tajun, Kecamatan Kubutambahan, Buleleng yang digadang-gadang akan menduduki jabatan Wakil Ketua Fraksi Golkar DPR RI pasca perombakan ini. Demer menegaskan, bagi anggota Fraksi Golkar DPRD Bali 2014-2019 yang dianggap abu-abu, tidak akan diberikan reward (jabatan). Hanya mereka yang jelas-jelas saja bakal diberikan reward. “Kalau ada anggota Fraksi Golkar yang masih main dua kaki, baru muncul saat ada pemenang, pasti tidak diberikan reward," tandas anggota Fraksi Golkar DPR tiga kali periode yang kini duduk di Komisi VI DPR RI 2014-2019 ini. Menurut Demer, rencana perombakan Fraksi Golkar DPRD Bali masih menunggu keputusan DPP Golkar (kubu Agung Laksono). Saat ini, keputusan belum dikeluarkan, karena Agung Laksono selaku Ketua Umum DPP Golkar masih berada di Singapura untuk melayat almarhum mantan Perdana Menteri dan pendiri Negeri Jiran, Lee Kuan Yew.

“Nah, kalau Pak Agung Laksoni sudah pulang dari Singapura nanti, akan ada keputusan DPP Golkar. Nanti jabatan di Fraksi Golkar DPRD Bali juga bakal dikocok ulang. Kita lihat saja nanti formasinya," ujar Demer yang juga Ketua Kadin Daerah Bali. Sementara itu, Ketua Fraksi Golkar DPRD Bali 2014-2019 yang berada di kubu Aburizal Bakrie (Munas Nusa Dua), Wayan Gunawan, menyatakan tidak gentar ancaman Demer untuk perombakan jabatan fraksi, sepanjang semua sudah sesuai proses dan mekanisme partai. "Yang dualisme itu di Jakarta. Kita di Bali tidak ada masalah. Sampai sekarang belum ada itu saya terima surat ada perombakan fraksi dari DPP," ujar Gunawan saat dikonfirmasi secara terpisah, Minggu kemarin. Gunawan yang juga Ketua DPD II Golkar Bangli menegaskan, dalam politik, tetap azas hukum yang berlaku. "Negara kita ini negara hukum. Kita semua sama, kader Golkar. Jadi, saya tunggu keputusan negara yang memiliki kekuatan hukum saja," tandas politisi senior Golkar asal Desa Batur Tengah, Kecamatan Kintamani, Bangli ini. Berada di kubu mana? "Silakan tulis besar-besar, saya di Kubu Golkar. Saya hadir di Munas Nusa Dua. Soal perombakan, saya tunggu keputusan hukum yang final atau memiliki kekuatan hukum tetap," ujar politisi yang juga dikenal sebagai pengusaha restoran ini.

Fraksi Golkar sendiri merupakan satu dari lima fraksi di DPRD Bali hasil Pileg 2014. Fraksi Golkar berkekuatan 11 kursi parlemen dan merupakan terbesar kedua di DPRD Bali 2014-2019 setelah Fraksi PDIP (berkekuatan 24 kursi parlemen). Sedangkan tiga fraksi lainnya, masing-masing Fraksi Demokrat (berkekuatan 8 kursi parlemen), Fraksi Gerindra (berkekuatan 7 kursi parlemen) dan Fraksi Panca Bayu yang berkekuatan 5 kursi parlemen (2 kursi milik NasDem, 1 kursi milik Hanura, 1 kursi milik PKPI, 1 kursi milik PAN). Sebelas (11) kursi parlemen milik Fraksi Golkar DPRD Bali 2014-2019, masing-masing diduduki Wayan Gunawan (dari Dapil Bangli), I Ketut Suwandhi (Dapil Denpasar), IB Gede Udiyana (Dapil Denpasar), IB Pada Kesuma (Dapil Badung), I Wayan Rawan Adnyana (Dapil Badung), Tjokorda Raka Kerthyasa alias Cok Ibah (Dapil Gianyar), I Nyoman Sugawa Korry (Dapil Buleleng), Ida Gede Komang Kresna Budi (Dapil Buleleng), Ni Putu Yuli Artini (Dapil Karangasem), I Nyoman Wirya (Dapil Tabanan), dan I Ketut Suania (Dapil Jembrana). Saat ini, Wayan Gunawan menjabat sebagai Ketua Fraksi Golkar DPRD Bali 2014-2019, jabatan yang sebelumnya juga dia pegang untuk periode 2009-2014. Sedangkan Nyoman Sugawa Korry menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Bali 2014-2019 dari Fraksi Golkar. Sedangkan Ketut Suwandhi menduduki jabatan Ketua Komisi II DPRD Bali.

Dari 11 kader Beringin di Fraksi Golkar DPRD Bali ini, tiga di antaranya menjabat ketua partai tingkat kabupaten, yakni Wayan Gunawan (Ketua DPD II Golkar Bangli), Nyoman Sugawa Korry (Ketua DPD II Golkar Buleleng), dan Nyoman Wirya (Ketua DPD II Golkar Tabanan). Ketiga nakhoda partai ini sebelumnya berada di kubu Aburizal Bakrie, karena menghadiri Munas Golkar di Nusa Dua, Kecamatan Kuta Selatan, Badung, 30 November-4 Desember 2014. Tapi belakangan, Nyoman Wirya dan Sugawa Korry dikabarkan loncat ke kubu Agung Laksono (versi Munas Ancol, Jakarta, 9-10 Desember 2014). Hanya wayan Gunawan yang disebut-sebut masih bertahan di kubu Munas Nusa Dua.








sumber : nusabali
Share this article :

DKS

Visitors Today

Recent Post

Popular Posts

Post!!

Fakta Terungkap, Diperkirakan 10 Kg Sabu-sabu Senilai Rp 15 Miliar Lolos di Ngurah Rai

Manjet Singh (23) bersama rekannya Harvinder Singh (26) asal India diamankan polisi. Keduanya diamankan saat tinggal di kamar hotel nomor...

The Other News

 
Support : Dre@ming Post | Dre@aming Group | I Wayan Arjawa, ST
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Ungasan - All Rights Reserved
Template Design by Dre@ming Post Published by Hot News Seventeen