Tajam, Terpercaya dan Apa Adanya
Home » , , , » Diganti Pertalite Bensin Akan Dihapus, Harganya?

Diganti Pertalite Bensin Akan Dihapus, Harganya?

Written By Dre@ming Post on Sabtu, 18 April 2015 | 9:09:00 AM

Direktur Pemasaran dan Ritel PT Pertamina (persero), Achmad Bambang, pada Kamis (16/4/2015) di Jakarta, belum mau mengungkapkan harga BBM baru pengganti bensin itu.Namun, kemungkinan harganya berkisar antara harga bensin saat ini (Rp 7.400/liter) dan harga Pertamax (Rp 8.600/liter).
Ini Alasan Bensin Akan Dihapus dan Diganti Pertalite

JAKARTA - PT Pertamina (Persero) berencana untuk menghapus BBM jenis premium (atau biasa disebut bensin) mulai Mei mendatang.

Penghapusan penjualan bensin di SPBU (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum) itu akan dilakukan secara bertahap, dimulai dari kota-kota besar di Jawa, Madura dan Bali (Jamali).

Pertamina sedang menyiapkan pengganti bensin yang bernama Pertalite.

Pertalite disebut lebih berkualitas dibandingkan bensin, karena kandungan oktan-nya (Research Octane Number/RON) lebih tinggi.

"Kami akan mengeluarkan produk bensin baru dengan RON 90 pada bulan depan di Jakarta, Surabaya, Semarang, dan kota besar lainnya," kata Direktur Pemasaran dan Ritel PT Pertamina (persero), Achmad Bambang, pada Kamis (16/4/2015) di Jakarta.

Jika program penghapusan bensin itu berjalan lancar di wilayah Jamali, program serupa akan diperluas di wilayah-wilayah lain di Indonesia.

Menurut Bambang, harga BBM pengganti bensin itu akan lebih murah daripada Pertamax, namun masih lebih mahal daripada harga bensin.

Ia menjelaskan, nanti bensin hanya bisa dibeli oleh kendaraan umum dan cuma disediakan di sejumlah SPBU di pinggiran kota.

Saat ini bensin atau premium memiliki kandungan oktan (RON) 88, sedangkan Pertalite yang akan diluncurkan Pertamina sebagai pengganti bensin itu memiliki RON 90.

Untuk diketahui, angka dalam RON menunjukkan tingkat tekanan atau ketukan (knocking) yang ditimbulkan bahan bakar terhadap mesin (kendaraan) saat terjadi pembakaran.

Secara umum, semakin tinggi angka RON dalam BBM, maka semakin tinggi kualitas BBM itu, dan semakin bagus bagi mesin kendaraan dan lingkungan. Angka RON bisa ditingkatkan dengan menambahkan zat aditif tertentu.

“Produk baru tersebut lebih halus, bertenaga, dan ramah lingkungan dibandingkan premium. Produk ini bisa membuat kendaraan melaju lebih jauh," ujar Bambang.

Ia menambahkan, dengan oeluncuran Pertalite, tidak serta-merta bensin dihapus atau dihilangkan sama sekali mulai Mei. Tetapi, penjualan bensin akan dibatasi di SPBU-SPBU tertentu saja, terutama yang berada di pinggiran kota dan dalam jalur angkutan umum.

“SPBU di tengah kota tidak akan jual premium lagi," jelas Bambang. Kebijakan ini, lanjut Bambang, untuk memberikan edukasi kepada masyarakat sekaligus memberikan masa peralihan dari penggunaan bensin ke jenis BBM lainnya yang memiliki RON di atas 88.

"Alasannya, kami ingin memberi pilihan ke masyarakat, serta sebagai transisi dari premium ke yang jenis BBM lebih baik. Ini sebelum menuju ke penggunaan Pertamax," ujar Bambang.

Harga Pertalite Pengganti Bensin Diperkirakan Sekitar Ini

JAKARTA - Pemerintah memang telah menargetkan penghapusan penggunaan bensin dalam dua tahun atau sampai 2017.

Waktu dua tahun tersebut dianggap cukup bagi Pertamina sebagai persiapan menghadapi kompetisi dengan perusahaan lain.

Penghapusan penjualan bensin di SPBU (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum) itu akan dilakukan secara bertahap, dimulai dari kota-kota besar di Jawa, Madura dan Bali (Jamali). (Baca Juga Berita Terkait : Ini Alasan Bensin Akan Dihapus dan Diganti Pertalite)

Direktur Pemasaran dan Ritel PT Pertamina (persero), Achmad Bambang, pada Kamis (16/4/2015) di Jakarta, belum mau mengungkapkan harga BBM baru pengganti bensin itu.

Namun, kemungkinan harganya berkisar antara harga bensin saat ini (Rp 7.400/liter) dan harga Pertamax (Rp 8.600/liter).

Peluncuran Pertalite, kata Bambang, akan dilakukan secara bertahap yang dimulai dari kota-kota besar di Indonesia. Tahap pertama akan dilakukan di Jakarta.

Apabila di Jakarta bisa berjalan dengan baik, maka akan dilanjutkan ke daerah-daerah lain di Indonesia, termasuk Bali.

Sementara itu, menurut Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas (Hiswana Migas), BBM yang diproyeksikan akan mengganti bensin itu akan diujicoba pada semua SPBU yang berada di jalan tol per Mei 2015.

“Pertamina menjelaskan bahwa produk ini memiliki kandungan RON yang lebih baik serta ramah lingkungan dibandingkan premium. Jadi nanti akan ada variasi produk tambahan selain yang sudah ada sekarang,“ ujar Ketua Hiswana Migas, Eri Purnomohadi, seperti dikutip cnn.com, Kamis (16/4/2015).

Dengan kadar oktan Pertalite yang lebih tinggi daripada bensin, kata Eri, Pertalite akan menghasilkan pembakaran yang optimal pada kinerja mesin kendaraaan.

“Cuma yang jadi soal, Pertamina dan Hiswana belum menemui kesepakatan mengenai margin (keuntungan) dari penjualan Pertalite. Kami berharap Pertamina memberikan margin mendekati Pertamax di kisaran Rp 375 per liter,” ujarnya.





sumber : tribun
Share this article :

Visitors Today

Recent Post

Popular Posts

Post!!

Melerai Keributan Pemuda Asal NTT, Dua Buruh Ditusuk di Nusa Dua

"Panjiono bilang ke mereka, teman kalau berkelahi jangan disini. Lebih baik berkelahi diluar saja karena sekarang waktu untuk istira...

The Other News

 
Support : Dre@ming Post | Dre@aming Group | I Wayan Arjawa, ST
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Ungasan - All Rights Reserved
Template Design by Dre@ming Post Published by Hot News Seventeen