Tajam, Terpercaya dan Apa Adanya
Home » , » Rp 144,16 M untuk Beasiswa Miskin

Rp 144,16 M untuk Beasiswa Miskin

Written By Dre@ming Post on Sabtu, 08 Agustus 2015 | 7:13:00 AM

“Sebenarnya total bansos Disdikpora Bali untuk tahun ini sebesar Rp 145,216 miliar lebih, namun alokasi anggaran sebesar Rp 1,046 miliar lebih digunakan untuk penyelenggaraan paket A, B, dan C. Yang khusus untuk beasiswa miskin jadi Rp 144,16 miliar lebih,” tuturnya. TIA menandaskan untuk menjamin beasiswa miskin tepat sasaran, penerima beasiswa tahun ini tidak lagi memakai sistem jatah dan pihaknya sudah menyosialisasikan hal tersebut kepada disdikpora kabupaten dan kota serta para kepala sekolah. “Kami sudah buatkan sistem grade untuk menetapkan siswa miskin yang berhak mendapatkan beasiswa itu. Nama siswa penerima beasiswa juga harus ditempel di papan pengumuman sekolah,” ujarnya. Gbr Ist
DENPASAR - Pemerintah Provinsi Bali menyiapkan beasiswa sebesar Rp 144,16 miliar lebih untuk 107.704 siswa miskin pada tahun anggaran 2015. Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Provinsi Bali Tjokorda Istri Agung (TIA) Kusuma Wardhani di Denpasar, Jumat (7/8), mengemukakan, beasiswa miskin sebesar Rp 144,16 miliar lebih itu terbagi dalam beberapa kategori yakni beasiswa miskin untuk jenjang SD, SMP, SMA dan SMK, beasiswa miskin tamatan SMP ke SMKN 1 Denpasar, beasiswa miskin tamatan SMP ke SMK negeri dan swasta se-Bali, dan beasiswa miskin untuk SMK langka peminat.

Ia mengemukakan, besaran beasiswa untuk tiap jenjang dan kategori yang diterima siswa itu bervariasi. Untuk jenjang SD, masing-masing siswa mendapatkan Rp 620 ribu per tahun, SMP (Rp 890 ribu), SMA (Rp 2 juta), dan SMK (Rp 3,2 juta). Beasiswa miskin untuk jenjang SD diberikan kepada 56.807 siswa, beasiswa untuk jenjang SMP kepada 21.066 siswa, untuk SMA sebanyak 11.196 siswa, dan 18.059 untuk siswa jenjang SMK. “Sedangkan beasiswa miskin tamatan SMP ke SMKN 1 Denpasar dialokasikan untuk 150 siswa, masing-masing siswa mendapatkan Rp 22 juta. Demikian juga untuk siswa miskin tamatan SMP ke SMK negeri dan swasta se-Bali kepada 270 siswa, masing-masing mendapatkan Rp 22 juta juga,” ujar TIA. TIA menambahkan, beasiswa miskin untuk SMK langka peminat diberikan kepada 156 siswa, masing-masing mendapatkan beasiswa Rp 5 juta. “Sebenarnya total bansos Disdikpora Bali untuk tahun ini sebesar Rp 145,216 miliar lebih, namun alokasi anggaran sebesar Rp 1,046 miliar lebih digunakan untuk penyelenggaraan paket A, B, dan C. Yang khusus untuk beasiswa miskin jadi Rp 144,16 miliar lebih,” tuturnya. TIA menandaskan untuk menjamin beasiswa miskin tepat sasaran, penerima beasiswa tahun ini tidak lagi memakai sistem jatah dan pihaknya sudah menyosialisasikan hal tersebut kepada disdikpora kabupaten dan kota serta para kepala sekolah. “Kami sudah buatkan sistem grade untuk menetapkan siswa miskin yang berhak mendapatkan beasiswa itu. Nama siswa penerima beasiswa juga harus ditempel di papan pengumuman sekolah,” ujarnya.

Menurut dia, dengan ditempel di papan pengumuman, jangan sampai siswa yang menerima itu anak yang mungkin dekat dengan guru, anak guru, bahkan siswa yang perekonomiannya mampu. “Sedangkan beasiswa itu nanti ditransfer ke rekening sekolah, karena kami khawatirkan jika langsung diberikan pada siswa akan dihabiskan langsung untuk hal-hal di luar pembelajaran,” tandas TIA.








sumber : nusabali
Share this article :

Dunia Bintang School

Visitors Today

Recent Post

Popular Posts

Post!!

Bunga Kamboja Kelopak 4 Datangkan Rejeki Dan Keberuntungan, Fakta/Mitos?

Di balik penampilannya yang cantik, ternyata ada banyak hal mistis dan mitos di balik bunga kamboja. Apa saja fakta dan mitos bunga kamboja?...

The Other News

 
Support : Dre@ming Post | Dre@aming Group | I Wayan Arjawa, ST
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Ungasan - All Rights Reserved
Template Design by Dre@ming Post Published by Hot News Seventeen