Tajam, Terpercaya dan Apa Adanya
Home » , , » Pernah Ada Patung Ganesha di Situs Kuno di Semarang

Pernah Ada Patung Ganesha di Situs Kuno di Semarang

Written By Dre@ming Post on Senin, 28 September 2015 | 11:40:00 PM

Para pekerja menggali situs kuno yang diduga peninggalan Kerajaan Mataram Kuno di Semarang, Senin (28/9/2015)
SEMARANG - Penemuan situs kuno yang terpendam di lahan milik warga Kelurahan Mijen, Kota Semarang, dibarengi kisah keberadaan benda purbakala. Menurut warga setempat, di area lokasi penggalian itu, pernah terdapat sebuah arca Nandi dan Ganesha yang pernah hilang karena dicuri.

"Dulu sekali itu ada patung dan arca di sekitar sini. Ada patung Ganesha juga, tetapi sudah hilang dicuri," kata Asmuni (50), warga setempat yang juga pekerja penggalian, Senin (28/9/2015).

Sejak 1980-an, benda purbakala tersebut masih ada. Setelah dicuri, benda kemudian ditelusuri hingga ditemukan warga sekitar. Benda itu kemudian disimpan di Museum Ronggowarsito, Semarang. Relief sisa-sisa lainnya masih terpasang di jalan depan Kelurahan Mijen.

"Tadinya itu banyak, tapi tidak di sini (lokasi penggalian), ditemukan agak di sebelahnya. Mungkin itu bentengnya," kata Asmuni.

Situs kuno itu yang ditemukan di kedalaman satu meter itu awalnya tidak diketahui warga dan kini telah ditumbuhi pohon mahoni serta untuk perkebunan durian dan nangka.

Koordinator Pusat Penelitian Arkeologi Nasional Agus Tijanto mengatakan, penggalian di lokasi situs dilakukan untuk mengetahui jejak temuan purbakala tersebut. Kendati demikian, Agus masih belum bisa memastikan apakah temuan itu merupakan peninggalan candi Hindu masa Mataram Kuno atau peninggalan lainnya.

"Kami masih kaji materi bahan berupa batu dan motifnya," kata dia.

Berdasarkan hasil proses ekskavasi sementara selama tiga hari belakangan, tim telah menemukan profil batu berbagai bentuk. Ada yang berupa gerigi segitiga dan profil badan situs berbagai ukuran. Semua temuan itu ditandai tulisan DDH 15.

Batu-batu yang ditemukan itu tidak menutup peluang bahwa semua temuan itu adalah peninggalan khas sebuah candi Hindu, seperti halnya Candi Kedung Songo, Dieng, dan Prambanan.

Candi memiliki bangunan lingga dan yoni sebagai perwujudan Dewa Shiwa, Nandi (patung sapi), dan Ratna di bagian puncak.

Para pekerja sampai saat ini masih berusaha melakukan penggalian di titik yang lain. Setidaknya, telah ada tiga titik yang digali dengan hasil temuan batu tertata rapi di dalam timbunan tanah.














sumber : tribun
Share this article :
  • Membuat Kartu Nama - Hampir setiap orang baik yang bekerja sebagai karyawan maupun orang yang merintis usaha pribadi berkeiinginan untuk menambah relasi. Salah satu sarana yang...
    3 hari yang lalu

Visitors Today

Recent Post

Popular Posts

Post!!

MUDP Tak Larang Kremasi Hanya Harus Lapor Bendesa

"Tapi kami juga tidak melarang krama melakukan kremasi, sepanjang itu bisa dilakukan di desa pakraman yang nantinya sama-sama menjag...

The Other News

 
Support : Dre@ming Post | Dre@aming Group | I Wayan Arjawa, ST
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Ungasan - All Rights Reserved
Template Design by Dre@ming Post Published by Hot News Seventeen