Tajam, Terpercaya dan Apa Adanya
Home » , , , » Sugeng Priyanto Dititipi Keamanan Bali oleh Pastika

Sugeng Priyanto Dititipi Keamanan Bali oleh Pastika

Written By Dre@ming Post on Rabu, 16 September 2015 | 7:42:00 AM

Pastika juga punya kenangan khusus dengan Sugeng karena pernah tergabung dalam pasukan pengamanan khusus di Namibia, Afrika Selatan pada 1988. Tak hanya itu, Sugeng dan Mangku Pastika juga sempat tugas bareng dalam pengamanan jajak pendapat di Timor Timur (kini Timor Leste). Dalam perjalanan karier di kepolisian, Sugeng kerap mendapat posisi yang terkait dengan hubungan internasional. Pastika menilai, pengalaman itu merupakan modal penting dalam mengemban tugas barunya sebagai Kapolda Bali. Pastika mengingatkan, upaya menjaga Bali tetap kondusif bukanlah persoalan yang mudah. “Keamanan bukanlah sesuatu yang jatuh dari langit. Tetapi harus diupayakan dan dibangun dengan sebuah sistem melibatkan seluruh komponen, di mana TNI dan Polri menjadi komponen utamanya,” ujar mantan Kepala Pelaksana Harian Badan Narkotika Nasional (BNN), itu
MANGUPURA - Gubernur Bali Made Mangku Pastika dan Wagub Ketut Sudikerta menghadiri acara kenal pamit Kapolda Bali di Pecatu Hall BNDCC Nusa Dua, Kuta Selatan, Badung, Senin (14/9) petang. Gubernur Pastika dalam sambutannya mengaku bersyukur karena Bali mendapat perhatian khusus dengan diutusnya putra-putra terbaik Polri untuk memimpin Kepolisian Daerah Bali. Sama halnya dengan Ronny F Sompie (Kapolda sebelumnya), Kapolda Bali Irjen Pol Sugeng Priyanto dinilainya sebagai sosok yang luar biasa.

Bahkan, Pastika juga punya kenangan khusus dengan Sugeng karena pernah tergabung dalam pasukan pengamanan khusus di Namibia, Afrika Selatan pada 1988. Tak hanya itu, Sugeng dan Mangku Pastika juga sempat tugas bareng dalam pengamanan jajak pendapat di Timor Timur (kini Timor Leste). Dalam perjalanan karier di kepolisian, Sugeng kerap mendapat posisi yang terkait dengan hubungan internasional. Pastika menilai, pengalaman itu merupakan modal penting dalam mengemban tugas barunya sebagai Kapolda Bali. Pastika mengingatkan, upaya menjaga Bali tetap kondusif bukanlah persoalan yang mudah. “Keamanan bukanlah sesuatu yang jatuh dari langit. Tetapi harus diupayakan dan dibangun dengan sebuah sistem melibatkan seluruh komponen, di mana TNI dan Polri menjadi komponen utamanya,” ujar mantan Kepala Pelaksana Harian Badan Narkotika Nasional (BNN), itu.

Pastika yang juga mantan Kapolda Bali (2003–2005), berharap, sederet prestasi yang telah dicatat Sugeng sepanjang kariernya akan memberi inspirasi dan motivasi bagi jajarannya dalam mengawal keamanan Bali. Pastika juga menekankan bahwa keamanan menjadi hal yang mutlak bagi Bali sebagai daerah pariwisata. Selain itu, Bali kerap menjadi tuan rumah penyelenggaraan event bertaraf internasional. Mengingat strategisnya posisi Bali, Pastika mengingatkan bahwa aparat keamanan (TNI dan Polri) tak bisa bekerja sendiri. Aparat keamanan harus merangkul seluruh komponen masyarakat. Menurutnya, permainan ‘cantik’ yang telah diterapkan Ronny F Sompie dalam merangkul masyarakat Bali patut dicontoh. “Hanya dalam waktu lima bulan, Pak Ronny sudah menjelajah hingga pelosok Bali dan dekat dengan masyarakat. Bahkan, beliau sudah seperti orang Bali. Itu luar biasa,” imbuhnya. Kepada Ronny F Sompie yang kini menjabat sebagai Dirjen Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM, Pastika menitipkan sejumlah harapan. Ronny diminta memberi perhatian pada imigrasi Bali. “Imigrasi itu ibarat front office. Image Bali sangat ditentukan oleh baik tidaknya pelayanan petugas di sana,” imbuhnya. Dia berharap, kepemimpinan Ronny mampu meniadakan komplin dan keluhan atas pelayanan keimigrasian. “Karena kalau ada tamu yang komplin, komplinnya pasti ke gubernur,” tandasnya.

Sementara itu, Ronny F Sompie menyampaikan permohonan maaf atas kekurangan selama menjabat sebagai orang nomor satu di Polda Bali. Dia juga mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Pastika dan seluruh masyarakat Bali atas sinergi yang telah terbangun dengan baik selama dia bertugas di Bali. Selanjutnya Ronny mohon doa restu untuk melanjutkan pengabdian sebagai Dirjen Imigrasi. Ronny F Sompie sangat yakin, Sugeng Priyanto dapat diterima dengan baik oleh masyarakat dan lingkungan Polda Bali. Apalagi, Sugeng penuh dengan catatan prestasi. “Percalah Polda Bali akan memberikan dukungan terhadap Sugeng Priyanto,” tutur Ronny. Sedangkan Kapolda Bali Sugeng Priyanto dalam kata pengantarnya menyebut Gubernur Pastika sebagai panutan dan sumber inspirasi. “Beberapa kali saya bertugas di bawah koordinasi Bapak Mangku Pastika,” ujarnya. Untuk itu, Sugeng mohon doa restu dan dukungan agar dapat mengemban tugas dan tanggung jawab dengan baik. Atas nama Polda Bali, Sugeng juga menyampaikan terima kasih atas pengabdian dan terobosan Ronny F Sompie.

Acara kenal pamit juga dihadiri Kasdam IX Udayana, bupati/walikota se-Bali, tokoh puri, tokoh agama, dan seniman. Acara diakhiri dengan penyerahan cenderamata kepada Ronny F Sompie.












sumber : nusabali
Share this article :
  • Membuat Kartu Nama - Hampir setiap orang baik yang bekerja sebagai karyawan maupun orang yang merintis usaha pribadi berkeiinginan untuk menambah relasi. Salah satu sarana yang...
    2 jam yang lalu

Visitors Today

Recent Post

Popular Posts

Post!!

Lawan Politik PDIP Badung Di Gawangi Giri Prasta Malu, Kenapa?

Bupati Giri Prasta jauh lebih besar ketimbang bansos yang dibawa kader non PDIP untuk masyarakat Badung DENPASAR - Lawan-lawan politik...

The Other News

 
Support : Dre@ming Post | Dre@aming Group | I Wayan Arjawa, ST
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Ungasan - All Rights Reserved
Template Design by Dre@ming Post Published by Hot News Seventeen