Tajam, Terpercaya dan Apa Adanya
Home » , , » Inilah 7 Harapan Rakyat Bali di Tahun 2085, Kapsul Waktu Tiba di Bali

Inilah 7 Harapan Rakyat Bali di Tahun 2085, Kapsul Waktu Tiba di Bali

Written By Dre@ming Post on Minggu, 15 November 2015 | 9:20:00 AM

Empat orang pemuda dengan pakaian khas Bali tampak membawa Kapsul Waktu
DENPASAR - Empat orang pemuda dengan pakaian khas Bali tampak membawa Kapsul Waktu yang memiliki panjang sekitar 100 cm dan diameter 50cm.

Diiringi dengan gamelan baleganjur dari SMAN 3 Denpasar, dan defile dari Paskibraka dari perwakilan SMA se-Kota Denpasar dan drum band SMA Saraswati 1 Denpasar, mereka tampak antusias menggotong kapsul waktu yang berisikan harapan rakyat Indonesia untuk 70 tahun ke depan, Sabtu (14/11/2015).

Kapsul Waktu ini merupakan program dari kabinet kerja Presiden RI Joko Widodo, dimana kapsul ini singgah ke seluruh provinsi di Indonesia dan di setiap provinsi di Indonesia dipilah-pilah masing-masing tujuh mimpi dan harapan-harapan rakyat Indonesia mengenai harapan Indonesia di tahun 2085.

"Bali merupakan Provinsi ke-22 yang disinggahi Kapsul Waktu. Ia mengatakan bahwa pertama kali kapsul waktu ini diresmikan oleh Presiden Jokowi pada tanggal 10 maret 2015 di Sabang. Nanti kami rencanakan pada tanggal 22 Desember 2015 kapsul waktu ini sudah sampai di Merauke,” ujar Ketua Panitia Kapsul Waktu Nasional Jay Wijayanto.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Anies Rasyid Baswedan mengatakan bahwa dengan menuliskan harapan dan mimpi, kita diajak berpikir untuk masa depan, menuliskan mimpi kita tentang Indonesia 70 tahun ke depan.

“Kita diajak menuliskan mimpi kita, saya berharap adik-adik yang ada di sini tuliskan mimpi anda, kalau buat negara 70 tahun. Sebutlah usia anda sekarang 15 tahun, maka ketika republik ini berumur 100 tahun, maka kalianlah yang akan duduk di depan sini, kalian yang akan mengelola Bali, menjadi wakil gubernur, kepala dinas, mimpi tentang Indonesia hanya terwujud jika kita punya mimpi tentang diri kita dan memiliki wujud untuk mewujudkan mimpi Indonesia,” ujarnya.

Ia juga mengatakan bahwa untuk usia manusia normal, bagi rakyat Indonesia yang sekarang berumur kepala empat (empat puluh tahun keatas) mungkin tidak akan bisa menyaksikan dibukanya kapsul waktu yang akan dibuka oleh Presiden RI nanti pada tanggal 17 Agustus 2085.

Ia mengatakan bahwa generasi muda yang saat ini berumur 15 tahun inilah yang nanti akan menjadi saksi pelaku sejarah dari mimpi Indonesia 70 tahun lagi.

“Berapa sih yang hadir di sini, mungkin sekitar 400-an, ini dari adik-adik SD, SMP, SMA, dan Mahasiswa. Saya kira adik-adik di sini yang melihat momen ini patut berbangga bahwa nanti ketika 70 tahun lagi Anda bisa menceritakan kepada cucu Anda bahwa, itu dahulu nenek atau kakek yang ikut merumuskan dan sebagai pelaku sejarah bagi Indonesia yang dituliskan dalam kapsul waktu Indonesia 2085,” ungkapnya sembari diiringi tepuk tangan oleh hadirin yang sebagian adalah para pelajar.

Ketua Panitia Kapsul Mimpi, Jay Wijayanto mengatakan mengatakan tujuh mimpi Bali yang tersaring dan dimasukkan dalam kapsul waktu merupakan representatif dari seluruh elemen masyarakat Bali dari siswa, buruh, pekerja, pemerintahan, seni, dan juga dari veteran yang turun memproklamasikan kemerdekaan Indonesia.

Adapun Sapta Cipta Wangsa Bali atau tujuh mimpi rakyat Bali di tahun 2085 yakni :

1. Terwujudnya SDM Bali yang disiplin tinggi, berbudaya, produktif, berkualitas, melalui pendidikan merata dan terjangkau atau gratis di seluruh lapisan dan Bali menjadi pusat sekolah pariwisata dunia.
2. Terwujudnya masyarakat Bali dan masyarakat Nusantara yang sehat jasmani dan rohani, terbebas dari narkoba, fasilitas kesehatan dan Bali menjadi rujukan medikal Internasional.
3. Terwujudnya masyarakat Bali yang mampu berkiprah dalam bisnis nasional maupun internasional.
4. Terbangunnya keharmoniasn lingkungan dan alam sebagai wujud dari Tri Hita Karana. Fasilitas air bersih yang bisa diminum dari keran, dan pelestarian budaya Bali dapat dilestarikan.
5. Terwujudnya keadilan sosial bagi seluruh rakyat Bali dan seluruh negeri nusantara.
6. Terwujudnya pemerintah yang akuntabel berlandaskan keadilan dan berwibawa sehingga masyarakat merasa terlundungi oleh negaranya.
7. Terwujudnya keinginan masyarakat Bali menjadi pemimpin nasional negeri nusantara.








sumber : tribun
Share this article :
  • Membuat Kartu Nama - Hampir setiap orang baik yang bekerja sebagai karyawan maupun orang yang merintis usaha pribadi berkeiinginan untuk menambah relasi. Salah satu sarana yang...
    2 jam yang lalu

Visitors Today

Recent Post

Popular Posts

Post!!

Lawan Politik PDIP Badung Di Gawangi Giri Prasta Malu, Kenapa?

Bupati Giri Prasta jauh lebih besar ketimbang bansos yang dibawa kader non PDIP untuk masyarakat Badung DENPASAR - Lawan-lawan politik...

The Other News

 
Support : Dre@ming Post | Dre@aming Group | I Wayan Arjawa, ST
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Ungasan - All Rights Reserved
Template Design by Dre@ming Post Published by Hot News Seventeen