Tajam, Terpercaya dan Apa Adanya
Home » , , , , » Resmi Jadi Bupati, Giriasa Mejaya-jaya, MasDipa Matur Piuning

Resmi Jadi Bupati, Giriasa Mejaya-jaya, MasDipa Matur Piuning

Written By Dre@ming Post on Kamis, 18 Februari 2016 | 7:40:00 AM

Pasangan Nyoman Giri Prasta-Ketut Suiasa didampingi istri masing-masing saat upacara Mejaya-jaya di Pura Lingga Bhuana, Puspem Badung, Selasa (16/2).
MANGUPURA - Pasangan Nyoman Giri Prasta-Ketut Suiasa alias Paket Giriasa, Bupati-Wakil Bupati Badung terpilih, misalnya, kemarin melaksanakan upacara ritual Mejaya-jaya, dilanjut tangkil ke sejumlah pura.

Nyoman Giri Prasta (politisi PDIP yang terpilih jadi Bupati Badung) dan Ketut Suiasa (politisi Golkar yang terpilih jadi Wakil Bupati Badung) melaksanakan upacara Mejaya-jaya dan Pewintenan di Pura Lingga Bhuana, Puspem Badung di Desa Sempidi, Kecamatan Mengwi, Badung pas rahina Anggara Umanis Kuningan, Selasa kemarin. Mereka didampingi istri masing-masing, yakni Nyonya Seni Giri Prasta dan Nyona Kristiani Suiasa.

Upacara Mejaya-jaya tersebut dipuput Ida Pedanda Ngurah Putra Keniten, sulinggih dari Geriya Kediri Sangeh, serta Ida Pedanda Gde Buruan, Ida Pedanda Oka Mambal, dan Ida Pedanda Istri Mas. Upacara tersebut bertujuan untuk menyucikan dan membersihkan diri secara niskala, sebelum kedua poliyisi ini mulai melaksanakan tugas-tugas memimpin pemerintahan Kabupaten Badung selama 5 tahun ke depan.

Turut hadir dalam upacara tersebut adalah Sekda Badung Kompyang R Swandika, Ketua DPRD Badung Putu Parwata, Wakil Ketua DPRD Badung Nyoman Karyana, Wakil Ketua DPRD Badung Made Sunarta, dan Kepala Dinas Kebudayaan Badung IB Anom Basma. “Upacara Mejaya-jaya ini dirangkaikan dengan upacara Mewinten Eka Jati, yang juga merupakan pembersihan secara rohani,” ujar Kadis Bebudayaan Badung, IB Anom Basma.

Setelah upacara Mejaya-jaya yang diakhiri dengan persembahyangan bersama di Pura Lingga Bhuana, Puspem Badung kemarin pagi sejak pukul 09.00 Wita, Paket Giriasa lanjut tangkil ke sejumlah pura untuk sembahyang. Di antaranya, tangkil ke Pura Uluwatu (Kuta Selatan, Badung) dan Pura Puncak Mangu (wilayah Kecamatan Petang, Badung). Ini sebagai ritual matur piuning (pemberitahuan secara niskala) bahwa keduanya akan mulai memimpin Badung.

Pada hari yang sama, Selasa kemarin, Bupati-Wakil Bupati Karangasem terpilih hasil Pilkada 2015, I Gusti Ayu Mas Sumatri-I Wayan Arta Dipa (Paket MasDipa) juga menggelar upacara matur piuning ke tiga pura, yakni Pura Jagatnatha Amlapura, Pura Padmasana Pemkab Karangasem, dan palinggih Padmasana Rumah Jabatan Bupati Karangasem. Upacara matur piuning ini disinkronkan denhan ritual mapamit Penjabat Bupati Karangasem, Ida bagus Ngurah Arda.

Upacara matur piuning Paket MasDipa dimulai dari Pura Jagatnatha, Selasa pagi pukul 09.00 Wita, diantarkan Ida Bagus Mangku Mukur Muka. Hadir jajaran pimpinan SKPD Pemkab Karangasem, seperti Sekda Gede Adnya Muliadi, Penjabat Asisten II Made Sujana Erawan, Kepala Bappeda Ketut Sedana Merta, Asisten III Wayan Supandhi, Kadisdikpora I Gede Ariyasa, Kepala BKD I Nyoman Tari, Kadis Kesehatan IGM Tirtayana, hingga Kadisbudpar Wayan Purna.

IGA Mas Sumatri memandang penting menggelar upacara matur piuning sebelum bertugas. “Setidaknya, secara niskala telah melakukan pemberitahuan sebelum bertugas. Sehingga, dapat bimbingan dan jalan yang benar selama memimpin Karangasem,” jelas Mas Sumatri, yang kemarin langsung meluncur ke Denpasar untuk mengikuti gladi pelantikan Bupati-Wakilo Bupati dan Walikota-Wakil Walikota. Rencananya, pelantikan akan dilakukan Gubernur Bali Made Mangku Pastika di Gedung Wiswa Sabha Utama Kantor Gubernuran, Niti Mandala Denpasar, Rabu (17/2) ini.








sumber : NusaBali
Share this article :

Dunia Bintang School

Visitors Today

Recent Post

Popular Posts

Post!!

Bunga Kamboja Kelopak 4 Datangkan Rejeki Dan Keberuntungan, Fakta/Mitos?

Di balik penampilannya yang cantik, ternyata ada banyak hal mistis dan mitos di balik bunga kamboja. Apa saja fakta dan mitos bunga kamboja?...

The Other News

 
Support : Dre@ming Post | Dre@aming Group | I Wayan Arjawa, ST
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Ungasan - All Rights Reserved
Template Design by Dre@ming Post Published by Hot News Seventeen