Tajam, Terpercaya dan Apa Adanya
Home » , , , » Giri Dharma Itu Kebaikan Yang Menggunung

Giri Dharma Itu Kebaikan Yang Menggunung

Written By Dre@ming Post on Rabu, 20 April 2016 | 10:06:00 PM

Pelantikan kedat dan prajuru lainnya
Camplik - Pada hari Rabu tanggal 20 April 2015, bertempat di Br. Dinas Giri Dharma dilakukan pelantikan kelihan adat beserta jajarannya dan ketua pemuda beserta jajarannya pula.

Acara dihadiri oleh seluruh kepala lingkangan dan kelihan adat sedesa Ungasan, bendesa adat, PJS Perbekel Desa Ungasan, tokoh masyarakat seperti WSP (Wayan Sugita Putra), Diesel Astawa, dari investor dalam hal ini di wakili Nengah Widana, serta seluruh warga banjar adat Giri Dharma.

Acara pelantikan kali ini dirangkai dengan piodalan di pura banjar Giri Dharma yang dimulai dari pukul 17:00 Wita.

Setelah rangkaian piodalan dan persembahyangan berakhir, sekira pukul 20:09 Wita, semua prajuru naik kemimbar, kemudian dengan lugas dan tegas bendesa adat Ketut Marcin membacakam sumpah dan janji bagi prajuru terlantik, satu demi satu dibacakan dan diikuti semua prajuru.

Sampai sekira pukul 20:19, semua janji dan sumpah selesai dibacakan dan pertanda kelihan adat dan prajuru lainnya resmi memangku jabatannya.

Dalam pidato sambutan pertamanya IWK menegaskan menjaga ketertiban dan keamanan bukan semata tanggung jawab warga banjar tapi juga menjadi tanggung jawab investor. Apakah hal ini mengisyaratkan jika investor yang dalam hal ini GWK harus ikut menjaga serta memenuhi janji-janjinya yang tertuang dalam MOU?. Seperti diketahui pihak banjar suka duka akan memanggil manajemen GWK pada tanggal 27 April 2016 mendatang untuk memenuhi tanggung jawabnya memberikan tegak banjar dan jalan lingkar.

Kedat terpilih yang juga merupakan kelihan banjar Suka Duka ini juga mengingatkan akan berjalan sesuai dengan peraturan dan perundang undangan yang berlaku.

Tak lupa juga disinggung mengenai pilkel 29 Apri 2016 nanti. "Bahwasanya akar dari adat dan istiadat adalah pesemotenan dan penyama brayaan. Seperti saat ini ada pilkel, pilihan boleh beda karena berbeda pilihan itu indah tapi rasa persaudaraan dan penyama brayaan haruslah no. 1", tegas I Wayan Kurma.

Dilanjutkan dengan sambutan Bendesa adat Ungasan Ketut Marcin yang pada kesempatan ini mengarisbawahi. "Keadaan ekonomi secara nasional yang sulit atau grit istilahne. Rangkaian acara mejaya jaya saat ini sudah berjalan baik secara sekala maupun niskala. Di Ungasan ada 15 banjar adat dengan penduduk 2000 lebih. Bukan hal yang mudah untuk berjalan seiringan namun dengan tekad yang murni untuk melayani masyarakat sebagai keliaan adat pasti bisa. Jaga persemetonan, persaudaraan dan penyamabrayaan", ungkap Pak Ketut Marcin.

"Kelihan harus mencintai pekerjaan atau tugasnya, apa yang bisa disumbangkan kepada masyarakat maupun desa harus dilakukan. Jangan sekedar ngayah tapi apa yang bisa dikerjakan harus sebesar-besar kemakmuran dan persatuaan bukan bekerja berdasarkan kelompok-kelompok semata. Sebelum tiang tutup, dari desa adat memberikan serdikit punia Rp. 3 juta, jangan lihat banyaknya tapi lihat substansinya dimana kami sebagai bendesa memberikan support atau dorongan agar kelihan dan prajuru terpilih bisa semangat dalam melayani masyarakat. Sedangkan dari PJS nyumbang Rp. 15 juta", tegas Marcin mengakhiri sambutannya.

Sumbangan itu langsung diserahkan dan diterima oleh Pasek Wirawan sebagai bendahara baru terpilih.

Perlu juga dicermati pesan moral yang disampaikan oleh pregina bondres. "Sebenarnya Giri Dharma berarti kebaikan yang menggunung jadi walau kebaikan itu dikeluarkan terus menerus, kebaikan di Banjar ini tidak akan pernah habis", celoteh pregina bondres dengan nada lucu dan menggelikan ini.

Dengan adanya kelihan adat baru beserta prajuru yang baru pula, semoga Br. Adat Giri Dharma mampu menorehkan seribu cerita kebaikan yang akan dikenang oleh anak cucu kita sampai akhir zaman. Semoga.



Jayalah Giri Dharma!!!
Mr. Brain Revolution
Share this article :
  • Membuat Kartu Nama - Hampir setiap orang baik yang bekerja sebagai karyawan maupun orang yang merintis usaha pribadi berkeiinginan untuk menambah relasi. Salah satu sarana yang...
    2 hari yang lalu

Visitors Today

Recent Post

Popular Posts

Post!!

Setelah Pailit, Gede Hardy Minta Doa Agar Bisa Bangkit Lagi

DENPASAR - Grup Hardys Holding milik Gede Hardy yang dinyatakan pailit pada putusan Pengadilan Niaga Surabaya di PN Surabaya per tanggal...

The Other News

 
Support : Dre@ming Post | Dre@aming Group | I Wayan Arjawa, ST
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Ungasan - All Rights Reserved
Template Design by Dre@ming Post Published by Hot News Seventeen