Tajam, Terpercaya dan Apa Adanya
Home » , , » Wow! Suasana Religius Dipadu Keindahan Alam Membuat Melasti Menakjubkan

Wow! Suasana Religius Dipadu Keindahan Alam Membuat Melasti Menakjubkan

Written By Dre@ming Post on Senin, 04 April 2016 | 1:35:00 AM

Patung Anoman di Pantai Melasti
Ungasan - Pantai melasti terletak disebelah selatan Desa Ungasan merupakan calon kuat destinasi pantai yang paling digemari dimasa depan. Betapa tidak dari data yang kami kumpulkan melalui pengamatan dan wawancara pihak terkait menunjukkan jumlah pengunjung yang selalu meningkat dari bulan ke bulan.

Dalam kondisi seperti saat ini yang dalam proses penataan saja pengunjung terutama dari jam 16:00 Wita sampai jam 19:00 Wita selalu membludak.

Pengunjung terbanyak didominasi pada hari Sabtu dan Minggu serta hari libur tentunya.

Ditanya mengenai kenapa tidak diberlakukan tiketing mulai saat ini, dijawab masih dalam tahap promosi. "Kami saat ini masih dalam tahap promosi dan fokus mengerjakan senderan, tempat parkir, ruko, air dan listrik", terang jero bendesa yang dihubungi via telpon tadi pagi.

Jero bendesa Ketut Marcin juga menjelaskan planing kedepan yang akan dilakukan adalah membangun candi bentar yang nantinya dibangun dari arah keluar ke pantai jalan Banyan Tree Hotel. Nantinya tamu atau wisatawan yang masuk kepantai melasti harus menggunakan kain atau minimal selendang. "Nanti kita akan membangun candi bentar yang dibangun pada arah keluar jalan dari Hotel Banyan Tree dan ini masih dalam pemikiran saya nantinya tamu yang masuk ke wilayah Pantai Melasti harus menggunakan kain atau minimal selendang yang telah kami sediakan, namun sekali lagi ini masih dalam penmikiran saya karena konsep pembangunan Pantai Melasti harus menjurus pada ajaran Tri Hita Karana yaitu: paumahan (kawasan suci), palemahan dan pawongan", jelas Bendesa Ungasan 2 periode ini.

Dari pengamatan kami tampak 3 gelungan sudah dibangun dan berdiri megah. Menurut Pak Bendesa bangunan ini menghabiskan dana Rp. 700 Juta. Acara komersilpun seperti foto praweding, shooting sudah sering dilakukan dipantai ini. Kami melihat pihak pecalang melakukan pungutan dengan kisaran Rp. 150 Ribu sampai Rp. 200 ribu bagi empunya acara. Dalam penjelasannya melalui telpon jero bendesa memaparkan bahwa kegiatan foto prawedding ataupun shooting memang harus mendapat ijin dari desa adat. "Untuk kegiatan foto praweding ataupun shooting memang harus mendapatkan ijin dari kami pihak desa Adat dan kegiatan itu kami kenai retribusi dengan kisaran Rp. 2,5 juta sampai 10 juta tergantung lamanya melakukan kegiatan, biaya tersebut belum termasuk biaya kebersihan, keamanan pecalang, maupun banten aci. Seperti beberapa hari ini akan ada shooting selama 3 hari itu kami kenakan retribusi sebesar Rp. 10 juta per hari dan semua dana itu akan masuk desa Adat Ungasan", jelas bapak bendesa yang merupakan pensiunan PNS ini.

Nantinya dipantai melasti ini akan dibangun 3 patung dewa, dengan posisi di depan pura melasti, ditimur pura dan dianjungan semua patung itu akan menghadap kearah utara. Wow! Jika ketiga patung ini jadi sudah terbayang betapa indah, mengagumkan serta menakjubkan Pantai Melasti ini. Namun karena terbentur dana yang cukup besar yaitu kisaran harga perpatung mencapai 1 sampai 1.5 M rencana ini masih terus digodok dan diusahakan. "Rencana pembangunan 3 patung dewa masih kami godok dan kami usahakan karena terbentur anggaran yang cukup besar yaitu kisaran 1 sampai 1.5 M perpatung", tambah jero bendesa.

Manajemen dan pengelolaan Pantai Melasti akan dilakukan oleh Desa Adat Ungasan yang tentunya disupport oleh pemerintah daerah. Dalam kegiatan komersil seperti berdagang, penyewaan ruko, rental long chair, kano dan lain-lain akan mengutamakan penduduk Desa Ungasan.

Saat ticketing sudah diberlakukan, apakah warga yang melakukan prosesi keagamaan seperti ngangkid, mekiis, dan lain sebagainya akan dikenaii biaya?. Dengan tegas Pak Ketut Marcin menjawab tidak. "Justru kami membuat akses yang bagus ke pantai melasti untuk mempermudah kegiatan keagamaan, komersil itu nomer sekian, warga yang melakukan kegiatan keagamaan kami akan utamakan", tegasnya.

Data Kunjungan Kepantai Melasti  (Diluar Upacara Adat) yang kami kumpulkan melalui metode Observasi dan Wawancara Pihak Terkait sepanjang tahun 2015 yaitu seperti tertera di bawah ini,

No Bulan Kunjungan Jumlah Pengunjung Persentasi pertumbuhan
1 January, 2015 6,759 10.50%
2 February, 2015 6,763 5.92%
3 March, 2015 6,768 7.39%
4 April, 2015 6,769 1.48%
5 May, 2015 6,772 4.43%
6 June, 2015 6,774 2.95%
7 July, 2015 6,777 4.43%
8 August, 2015 6,783 8.85%
9 September, 2015 6,786 4.42%
10 October, 2015 6,789 4.42%
11 November, 2015 6,792 4.42%
12 December, 2015 6,799 10.31%
Total Kunjungan Tahun 2015 81,331

Dari tabel diatas kami membuat sebuah grafik untuk lebih mempermudah memahami potensi pengunjung ke pantai melasti, yaitu seperti berikut.








Mr. Brain Revolution
propinsibali.com_____
Share this article :

Visitors Today

Recent Post

Popular Posts

Post!!

Melerai Keributan Pemuda Asal NTT, Dua Buruh Ditusuk di Nusa Dua

"Panjiono bilang ke mereka, teman kalau berkelahi jangan disini. Lebih baik berkelahi diluar saja karena sekarang waktu untuk istira...

The Other News

 
Support : Dre@ming Post | Dre@aming Group | I Wayan Arjawa, ST
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Ungasan - All Rights Reserved
Template Design by Dre@ming Post Published by Hot News Seventeen