Tajam, Terpercaya dan Apa Adanya
Home » , , , » Nasi Rakyat Bali Itulah yang Kalian Makan

Nasi Rakyat Bali Itulah yang Kalian Makan

Written By Dre@ming Post on Selasa, 24 Mei 2016 | 6:45:00 AM

Gubernur Bali Made Mangku Pastika berfoto bersama wisudawan SMAN Bali Mandara di Kubutambahan, Buleleng, Bali, Senin (23/5/2016).
SINGARAJA - SMAN Bali Mandara mewisuda 80 orang peserta didik di Aula SMAN Bali Mandara, Kubutambahan, Buleleng, Bali, Senin (23/5/2016).

80 peserta didik itu terdiri dari 74 orang kelas XII dan enam orang kelas XI.

Wisuda ini dihadiri Gubernur Bali Made Mangku Pastika beserta istrinya Ni Made Ayu Putri, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Bali, Tjokorda Istri Agung (TIA) Kusuma Wardhani serta sejumlah pejabat Pemprov Bali.

Kepala Sekolah SMAN Bali Mandara, Nyoman Darta mengatakan, peserta didiknya dapat menyelesaikan pendidikan dalam waktu yang berbeda karena sekolah yang dipimpinnya menerapkan sistem kredit semester (SKS).

Melalui sistem ini peserta didik dapat menamatkan pendidikannya antara dua, tiga sampai empat tahun sesuai kemampuannya.

Para peserta didiknya ini dididik untuk menjadi pemimpin masa depan kelak.

Saat menempuh pendidikan, mereka dilarang berbuat curang dan harus saling bekerjasama dengan teman-temannya.

“Mereka telah dipersiapkan untuk menjadi pemimpin masa depan yang paripurna dan berintegritas karena sejak awal tidak boleh nyontek, baik sejak ulangan harian maupun kegiatan lain, tapi kerjasama proses selalu kita adakan karena kami punya motto care dan share atau peduli dan saling berbagi,” ujar Darta.

Sekolah ini juga multikultural karena para peserta didik merupakan masyarakat Bali miskin yang berasal dari berbagai latar belakang agama dan daerah.

Mereka diajarkan saling toleransi dan peduli antara satu dengan yang lainnya karena telah menjadi satu keluarga besar.

Wisudawan tahun ini berhasil meraih NEM rata-rata kedua di Bali untuk mata pelajaran IPS dan kelima di Bali untuk IPA.

Satu siswa berhasil meraih nilai tertinggi NEM IPS tertinggi di Bali.

30 persen dari mereka juga telah lolos SNMPTN di berbagai perguruan tinggi negeri yang tersebar di Indonesia.

Gubernur Bali Made Mangku Pastika mengatakan, sekolah yang dibuat Pemprov Bali ini selama ini telah banyak melahirkan peserta didik yang berprestasi baik akademik maupun nonakademik.

Prestasi yang mereka raih tidak saja di regional Bali saja, tetapi juga di tingkat nasional maupun internasional.

“Sekolah ini telah diperhitungkan, bahkan telah menjadi model bagi pemerintah untuk ditiru sehingga memacu kita untuk terus meningkatkan kualitas. Saya terus memberikan perhatian serius pada sekolah ini, kualitas belajar mengajar serta pembentukan karakter peserta didik harus semakin dimantapkan sehingga lulusan nanti benar-benar cerdas dan berintegritas serta layak menjadi pemimpin masa depan,” kata Pastika.

Tahun ini telah memasuki Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang menjadi bagian dari globalisasi.

Setiap negara ASEAN dalam MEA bebas untuk bersaing dengan negara lain.

Karena itu, sekolah ini adalah satu upaya untuk mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) Bali yang siap bersaing dan unggul.

“Bali dengan SDM yang kreatif, inovatif, jujur dan religius adalah potensi besar guna memenangkan persaingan global tersebut. Selama ini SMAN Bali Mandara adalah kawah candradimuka untuk mencetak generasi muda Bali yang siap memenangkan persaingan global, mampu menjadi tuan di rumah sendiri dan menjadi pemimpin bangsa,” tuturnya.

Pastika juga mengingatkan kepada wisudawan bahwa selama mereka menempuh pendidikan telah menggunakan biaya yang bersumber dari rakyat Bali.

Ia meminta para wisudawan agar mempertanggungjawabkannya dengan memberikan prestasi yang membanggakan bagi rakyat Bali.

“Ingat selama dua tiga tahun nasi yang kalian makan merupakan nasinya rakyat Bali. Kalian tidur di tempat tidur yang bagus adalah tempat tidurnya rakyat Bali. Kalian mendapat pendidikan dari guru-guru yang hebat karena dibiayai rakyat Bali. Itu membawa tanggungjawab kepada dirimu di manapun berada. Kamu tidak boleh lupa akan hal itu. Berjuanglah terus dan jadilah pemenang,” tandasnya.








sumber : tribun
Share this article :

Visitors Today

Recent Post

Popular Posts

Post!!

Melerai Keributan Pemuda Asal NTT, Dua Buruh Ditusuk di Nusa Dua

"Panjiono bilang ke mereka, teman kalau berkelahi jangan disini. Lebih baik berkelahi diluar saja karena sekarang waktu untuk istira...

The Other News

 
Support : Dre@ming Post | Dre@aming Group | I Wayan Arjawa, ST
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Ungasan - All Rights Reserved
Template Design by Dre@ming Post Published by Hot News Seventeen