Tajam, Terpercaya dan Apa Adanya
Home » , , , , » Di Tektekan Nangluk Merana, KBS: "Saya Siap Ngayah Total Sekala Niskala"

Di Tektekan Nangluk Merana, KBS: "Saya Siap Ngayah Total Sekala Niskala"

Written By Dre@ming Post on Kamis, 30 Maret 2017 | 1:28:00 PM

DENPASAR - Kandidat Calon Gubernur Bali 2018 dari PDIP Dr Ir I Wayan Koster terus menguatkan dukungan ke kantong-kantong suara di Bali.

Ketua DPD PDIP Bali ini pada, Minggu (26/3) lalu turun berbaur bersama krama Desa Pakraman Kediri, Kecamatan Kediri Kabupaten Tabanan dalam Parade Tektekan Nangluk Merana. Turunnya KBS (Koster Bali Satu) ini menjadi ‘gerilya’ kesekian kalinya untuk mengumpulkan dukungan masyarakat jelang turun laga di Pilgub Bali 2018 mendatang.

Bahkan ada deklarasi dukungan buat KBS dari krama untuk maju di Pilgub Bali 2018 mendatang. Dukungan itu dilakukan masyarakat dengan membentangkan spanduk KBS dan deklarasi dukungan.

Politisi asal Desa Sembiran, Tejakula, Buleleng ini turun dengan sejumlah kader PDIP Bali dan kader PDIP Tabanan. Pada acara yang disaksikan ribuan masyarakat Kediri dan sekitarnya ini hadir Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta, Wakil Bupati Tabanan I Komang Sanjaya, Ketua DPRD Tabanan Ketut 'Boping' Suryadi, serta tokoh masyarakat Kediri I Nyoman Muliadi.

Bendesa Adat Pakraman Kediri, AAN Gede Panji Wisnu di hadapan para undangan dan masyarakat mengatakan Tektekan Nangluk Merana ini merupakan warisan turun temurun, yang merupakan tradisi sakral. Menurutnya, ada dua fungsi dari tradisi Tektekan Nangluk Merana ini, yaitu fungsi sekala dan niskala. Fungsi sekala Tektekan Nangluk Merana adalah seni budaya perpaduan tabuh dan tari, serta sebagai pemersatu masyarakat.

"Sedangkan dari fungsi niskala, Tektekan Nangluk Merana untuk menetralisir aura negatif menjadi positif, atau mengatasi wabah yang melanda desa," jelasnya. KBS yang juga anggota Komisi X DPR RI membidangi seni dan budaya ini mengatakan sangat mendukung parade Tektekan Nangluk Merana, yang merupakan wujud nyata pelestarian adat, agama, tradisi, budaya dan seni di Bali. Ketua Tim Kampanye Jokowi-Jusuf Kalla (JK) di Pilpres 2014 Provinsi Bali ini menambahkan, kegiatan pelestarian seni dan budaya seperi yang dilaksanakan krama Desa Pekraman Kediri ini memang harus mendapat dukungan dari pemerintah.

Pada kesempatan tersebut KBS menyatakan dirinya akan maju menjadi Gubernur Bali tahun 2018. Dirinya yang siap ngayah secara total, sekala niskala dengan tulus ikhlas dan selurus-lurusnya untuk krama Bali, memohon doa dan dukungan kepada seluruh krama. Permohonan tulus ini pun mendapat sambutan antusias. Beberapa kali yel-yel KBS disampaikan oleh para dalang yang meniringi kegiatan parade. Bahkan KBS didampingi Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta, Wakil Bupati Tabanan I Komang Sanjaya, Ketua DPRD Tabanan Ketut 'Boping' Suryadi, serta tokoh masyarakat Kediri berfoto bersama dengan panitia dan seluruh peserta parade, sekaligus deklarasi dengan membentangkan spanduk bukti dukungan kepada KBS menjadi Gubernur Bali tahun 2018.










sumber : NusaBali
Share this article :
  • Membuat Kartu Nama - Hampir setiap orang baik yang bekerja sebagai karyawan maupun orang yang merintis usaha pribadi berkeiinginan untuk menambah relasi. Salah satu sarana yang...
    3 hari yang lalu

Visitors Today

Recent Post

Popular Posts

Post!!

MUDP Tak Larang Kremasi Hanya Harus Lapor Bendesa

"Tapi kami juga tidak melarang krama melakukan kremasi, sepanjang itu bisa dilakukan di desa pakraman yang nantinya sama-sama menjag...

The Other News

 
Support : Dre@ming Post | Dre@aming Group | I Wayan Arjawa, ST
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Ungasan - All Rights Reserved
Template Design by Dre@ming Post Published by Hot News Seventeen