Tajam, Terpercaya dan Apa Adanya
Home » , , , » PBB Akan Dihapus, Giri Prasta: Jangan Terus Jual Tanah Warisan!

PBB Akan Dihapus, Giri Prasta: Jangan Terus Jual Tanah Warisan!

Written By Dre@ming Post on Sabtu, 18 Maret 2017 | 8:26:00 AM

Bupati Badung Giri Prasta Petik Apel
MANGUPURA - Kebijakan tersebut dimaksudkan agar masyarakat asli Kabupaten Badung tidak terus menjual tanah warisan kepada orang luar, akibat tidak sanggup membayar pajak.

Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta merencanakan penghapusan pajak bumi dan bangunan (PBB) untuk meringankan beban masyarakat.

“Sangat memungkinkan untuk menggratiskan Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan Tanpa Kena Pajak untuk warga Badung, karena telah diatur dalam Undang-undang 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah,” kata Bupati Giri Prasta, saat sidang paripurna penyampaian Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Badung Tahun 2016, di DPRD Badung, Jumat (17/3).

Ditegaskannya, menggratiskan PBB ini hanya untuk warga asli Badung yang tanahnya belum dikomersilkan. Sedangkan, tanah milik orang luar atau investor tetap wajib bayar pajak.

“Kalau lahan milik masyarakat Badung gratis. Namun, apabila tanah tersebut menjadi milik investor dan dikomersialkan, maka wajib bayar pajak,” kata Bupati Giri Prasta.

Mantan Ketua DPRD Badung itu mengatakan, ketentuan ini sedang tahap kajian untuk pematangan rencana tersebut. “Kami akan meminta pertimbangan hukum ke instansi terkait agar penghapusan PBB ini tidak menjadi masalah di kemudian hari,” kata pejabat asal Desa Pelaga, Kecamatan Petang, ini.

Dia meyakini, kajian tersebut akan rampung setelah umat Hindu di Bali merayakan Hari Raya Nyepi Tahun Saka 1939 pada Selasa, 28 Maret 2017.

“Saya mengharapkan upaya ini dilakukan agar masyarakat asli Kabupaten Badung tidak terus menjual tanah warisan kepada orang luar, akibat tidak sanggup membayar pajak,” ujarnya.

Selain itu, Bupati Giri Prasta juga sudah membuat program yang pro rakyat terutama dalam memberikan santunan kepada penunggu pasien yang menunggu keluarganya yang sakit, khususnya yang mendapatkan perawatan di kamar rawat inap kelas tiga.













sumber : NusaBali
Share this article :

Visitors Today

Recent Post

Popular Posts

Post!!

Melerai Keributan Pemuda Asal NTT, Dua Buruh Ditusuk di Nusa Dua

"Panjiono bilang ke mereka, teman kalau berkelahi jangan disini. Lebih baik berkelahi diluar saja karena sekarang waktu untuk istira...

The Other News

 
Support : Dre@ming Post | Dre@aming Group | I Wayan Arjawa, ST
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Ungasan - All Rights Reserved
Template Design by Dre@ming Post Published by Hot News Seventeen