Tajam, Terpercaya dan Apa Adanya
Home » , , , » Kubung Di GWK Kramat, Tancapan Tongkat Wiku Yang Sangat Sakti

Kubung Di GWK Kramat, Tancapan Tongkat Wiku Yang Sangat Sakti

Written By Dre@ming Post on Kamis, 06 Juli 2017 | 11:44:00 AM

Kubung, atau sumber mata air di sebelah kanan patung badan Wisnu di kawasan wisata GWK yang dikeramatkan warga sekitar. Air dalam kubung tersebut konon tidak pernah habis-habis meski kemarau berkepanjangan. Mangku Bokor (kanan)
MANGUPURA - Kawasan Garuda Wisnu Kencana (GWK) di Ungasan, Kuta Selatan, Badung, Bali yang sudah ditata sejak 1997 ternyata memiliki sisi lain.

Di sebelah kanan patung badan Wisnu yang ikonik itu, terdapat sebuah parahyangan yang dikeramatkan oleh warga sekitar. Warga menyebutnya Pura Somaka Giri. Di sinilah terdapat sumber mata air yang konon tidak pernah kering meskipun saat kemarau berkepanjangan.

Hal itu diceritakan oleh Kadek Ariyasa, staf construction development division GWK, Rabu (5/7/2017). Menurut cerita Ariyasa, warga sekitar sering menyebutnya kubung. Kubung tersebut sudah ada jauh sebelum kawasan GWK dibangun. Uniknya, mata air yang tidak pernah habis-habis tersebut muncul di perbukitan tinggi sehingga masyarakat sekitar mempercayainya sebagai tempat suci.

"Ini adalah peninggalan yang dikeramatkan oleh masyarakat sekitar (Ungasan), sehingga pengelola GWK juga turut melindungi," ujar Ariyasa.

Karena dikeramatkan, mata air tersebut tidak dipakai sembarangan. Menurut Ariyasa, airnya hanya digunakan sebagai tirtha. Menurut penuturan warga, air yang keluar dari kubangan tersebut memiliki khasiat tertentu bagi yang meyakininya.

"Pernah saya dengar, ada orang yang sudah bertahun-tahun menikah dan belum memiliki anak berdoa di sini. Setelah diberi tirtha oleh pemangku, beberapa lama kemudian katanya yang bersangkutan dikaruniai anak," imbuh Ariyasa. Hal itu juga diakui oleh Jro Mangku Bokor yang menjadi pemangku di prahyangan tersebut.

Berdasarkan cerita yang diwariskan turun-temurun, konon mata air itu muncul berkat tancapan tongkat seorang wiku yang sangat sakti. "Banyak yang berdoa di sini. Pujawalinya diperingati setiap purnama kapat," ujar Jro Mangku Bokor.

Mata air di kubung tersebut ditutupi cangkang kerang agar lubang air tidak dimasukkan sesuatu.

Tidak banyak yang ngeh dengan keberadaan Pura Somaka Giri ini, karena diberi pembatas sebagai kawasan suci. Kebanyakan wisatawan asyik berswafoto di depan patung badan Wisnu yang kini pembangunannya sedang dilanjutkan di areal baru.









sumber : tribun
Share this article :
  • Membuat Kartu Nama - Hampir setiap orang baik yang bekerja sebagai karyawan maupun orang yang merintis usaha pribadi berkeiinginan untuk menambah relasi. Salah satu sarana yang...
    2 jam yang lalu

Visitors Today

Recent Post

Popular Posts

Post!!

Lawan Politik PDIP Badung Di Gawangi Giri Prasta Malu, Kenapa?

Bupati Giri Prasta jauh lebih besar ketimbang bansos yang dibawa kader non PDIP untuk masyarakat Badung DENPASAR - Lawan-lawan politik...

The Other News

 
Support : Dre@ming Post | Dre@aming Group | I Wayan Arjawa, ST
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Ungasan - All Rights Reserved
Template Design by Dre@ming Post Published by Hot News Seventeen