Tajam, Terpercaya dan Apa Adanya
Home » , , , , » Megedablarr.... Deklarasi KBS-Ace 50 Ribu Masa Padati Mengwi Merah Total

Megedablarr.... Deklarasi KBS-Ace 50 Ribu Masa Padati Mengwi Merah Total

Written By Dre@ming Post on Minggu, 28 Januari 2018 | 9:18:00 PM

AR Camplik foto di depan GWK sebelum berangkat ke Lapangan Mengwi (atas). Masa memadati Lapangan Mengwi dalam Deklarasi KBS-Ace Minggu, 28 Januari 2018 (bawah)
Setelah melakukan deklarasi di Kabupaten Gianyar, Buleleng dan Tabanan, Bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubenur Bali Wayan Koster – Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (KBS-Ace) melakukan deklrasi di Lapangan Umum Mengwi, Kecamatan Mengwi, Minggu (28/1/2018). 

Betul-betul lapangan Mengwi merah total hari ini, tak kurang dari 50 Ribu massa pendukung KBS-Ace memadati lapangan ini. Dari seluruh pelosok sudut tempat di Badung bermunculan kader dan simpatisan PDIP, seperti misalnya dari Ungasan di bawah komando Wayan Sugita Putra (WSP) sekitar 850 pendukung KBS-Ace berangkat untuk memerahkan lapangan Mengwi. Dari jam 09:00 pagi waktu setempat massa sudah mulai berdatangan berkumpul di Lapangan Desa Ungasan, mereka dari anak ranting Camplik Br. Giri Dharma, AR Banjar Kelod, AR Banjar Kauh, AR Banjar Kangin, AR Banjar Mekar Sari, AR Banjar Angas Sari, AR Banjar Santhi Karya, AR Banjar Langui, AR Banjar Werdhi Kosala, AR Banjar Bakung Sari, AR Banjar Wana Giri, AR Banjar Sari Karya, AR Banjar Kertha Lestari, AR Banjar Wijaya Kusuma, dan seterusnya.

Ketua Tim Pemenangan KBS-Ace Kabupaten Badung, I Gusti Anom Gumanti mengatakan, deklarasi kali ini melibatkan 420 Sekaa Baleganjur dan 12 ribu orang peserta Tari Cak "Deklarasi kali ini juga dihadiri sekitar 50 ribu massa,” katanya.

Anom Gumanti menerangkan, deklarasi dihadiri langsung oleh Calon Gubenur dan Wakil Gubernur Bali KBS-Ace, Ketua Tim Pemenangan Bali I Nyoman Giri Prasta, Ketua DPC PDI Perjuangan se-Bali serta ketua partai pendukung. Mengingat banyaknya seniman baleganjur dan tari Cak yang dilibatkan pihaknya telah berkoordinasi ke Museum Rekor Indonesia (Muri). “Ada Tim kami yang mengurus itu (Muri,red),” akunya.

Sebagaimana diberitakan, Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Bali KBS-Ace manargetkan kemenangan seluruh bali sebesar 70 persen. Sementara target kemenangan yang dijanjikan di Kabupaten Badung sebesar 75 persen.

Guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat Bali, Paslon Cagub dan Cawagub Bali, KBS-Ace mengemukakan konsep “Nangun Sad Kertih Loka Bali.” Konsep ini merupakan perluasan dari Tri Hita Karana, yakni keharmonisan hubungan manusia dengan Tuhan, manusia dengan manusia, serta manusia dengan alam. Dengan terwujudnya Sad Kertih atau enam bentuk pelestarian, maka diharapkan masyarakat dan alam Bali menjadi harmonis.

Lebih rinci, Sad Kertih yang terdapat dalam Lontar Purana Bali terdiri atas Atma Kertih, yaitu upaya untuk menyucikan atma. Kedua, Samudra Kertih, yaitu upaya untuk melestarikan samudra. Ketiga, Wana Kertih, yaitu upaya untuk melestarikan hutan. Keempat, Danu Kertih, yaitu upaya untuk menjaga kelestarian sumber air tawar di daratan. Kelima, Jagat Kertih, yaitu upaya untuk melestarikan keharmonisan hubungan sosial, serta keenam, Jana Kertih, yakni upaya untuk menjaga kualitas individu.

Menurut Wayan Koster, konsep yang diramu dengan nama “Nangun Sad Kertih Loka Bali” tidak terlepas dengan Tri sakti Bung Karno, yakni berdaulat dalam politik, berdikari di bidang ekonomi, dan berkepribadian dalam kebudayaan. Eksekusinya melalui program Pola Pembangunan Nasional Semesta Berencana (PPNSB). Di dalamnya terdapat lima skala prioritas, yakni pangan, sandang, dan papan; Pendidikan dan kesehatan; Jaminan sosial dan tenaga kerja, adat, agama, seni, dan budaya serta pariwisata.

“Dengan ini, diharapkan kesejahteraan masyarakat Bali benar-benar terwujud,” ungkapnya didampingi Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati alias Cok Ace dalam deklarasi KBS-Ace Kabupaten Badung di Lapangan Umum Kecamatan Mengwi, Minggu (28/1).

Beberapa contoh program yang dilaksanakan, kata dia, akan mewujudkan pendidikan gratis 12 tahun. Selanjutnya pendidikan berbasis agama Hindu di desa adat. Termasuk pula aset Pemprov Bali di wilayah Badung akan dihibahkan ke desa adat untuk fasilitas umum seperti sekolah, wantilan, pura, dan sebagainya. "Kalau KBS-Ace menang, aset Pemprov ini akan diberikan ke desa adat. Hal-hal yang baik di Badung akan dijalankan di seluruh Bali secara baik dan bersinergi. Dengan demikian perlu satu jalur antara presiden, gubernur, dan bupati. Perlu komitmen dan perencanaan yang terintegrasi,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Tim Pemenangan KBS-Ace Provinsi Bali, I Nyoman Giri Prasta mengatakan, deklarasi dengan konsep menghadirkan sekaa baleganjur dan pertujunjukan tari kecak kolosal, serta seni tari gandrung dan barongsai juga sejalan dengan konsep yang dikemukakan Wayan Koster, khususnya dalam kebudayaan. “Ini adalah salah satu bentuk pelestarian budaya,” tambahnya.











Mr. Brain Revolution
Share this article :

DKS

Visitors Today

Recent Post

Popular Posts

Post!!

Kecuali Jalur Unud, Koster Stop Sarbagita Ganti Kereta Api

“Jalur kereta api yang kita mau bangun tidak seperti di Bandung dan Jakarta. Nanti dirancang dengan interior yang bagus untuk publik dan ...

The Other News

 
Support : Dre@ming Post | Dre@aming Group | I Wayan Arjawa, ST
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Ungasan - All Rights Reserved
Template Design by Dre@ming Post Published by Hot News Seventeen