Tajam, Terpercaya dan Apa Adanya
Home » , » Tahun 2018 Ini Badung Pasang Wifi Gratis di 982 Titik

Tahun 2018 Ini Badung Pasang Wifi Gratis di 982 Titik

Written By Dre@ming Post on Minggu, 14 Januari 2018 | 11:54:00 AM

Program wifi gratis yang merupakan program besutan Bupati Badung Giri Prasta ini untuk mendukung program Smart City Kabupaten Badung akan dimulai tahun 2018 ini. Tahun Ini, Dipasang di Sekolah, Balai Banjar hingga Pustu.(Gbr Grafis)
MANGUPURA - Program wifi gratis yang merupakan program besutan Bupati Badung Giri Prasta ini untuk mendukung program Smart City Kabupaten Badung akan dimulai tahun 2018 ini. Tahun Ini, Dipasang di Sekolah, Balai Banjar hingga Pustu.

Dalam upaya mengintegrasikan seluruh pelayanan publik dan memudahkan masyarakat mengakses informasi, Pemkab Badung di tahun 2018 ini bakal memasang wifi (koneksi internet) gratis. Rencananya wifi gratis ini dipasang di tempat-tempat strategis, sehingga memudahkan masyarakat untuk mengakses informasi melalui jaringan internet secara gratis di 982 titik di Badung.

“Sekarang masih dalam proses persiapan,” kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Badung, I Wayan Weda Darmaja, Sabtu (13/1). Adapun tempat-tempat strategis yang menurut rencana dilengkapi fasilitas wifi gratis di antaranya seluruh sekolah negeri baik SD, SMP dan SMA/SMK, Puskesmas Pembantu (Pustu), Puskesmas, Balai Banjar, Kantor Perbekel, serta Kantor Camat. Satu titik jaringan wifi akan memiliki jangkauan sekitar 30 meter.

“Jadi totalnya itu ada 982 titik yang nanti akan kami pasang wifi,” ungkap pejabat asal Sembung, Kecamatan Mengwi itu. Saat ini, jelas Weda Darmaja, program tersebut dalam proses lelang di LPSE (Layanan Pengadaan Secara Elektronik) dengan waktu paling lama satu bulan. Setelah proses lelang selesai akan ada proses verifikasi berkas untuk menentukan pemenang. Baru kemudian diumumkan pemenang lelang yang nanti bertanggungjawab menyediakan infrastruktur ke setiap titiknya.

“Kami mengupayakan bulan depan program ini sudah masuk ULP (Unit Layanan Pengadaan),” katanya. Dia pun mengharapkan prosesnya lancar. Karena program ini untuk mendukung program Smart City Kabupaten Badung yang akan dimulai tahun 2018. Tak tanggung-tanggung Pemkab Badung menggelontorkan anggaran cukup besar untuk program ini, yakni mencapai Rp 30 miliar. Anggaran tersebut termasuk pembelian perangkat dan penyewaan bandwidth. “Kecepatannya kami sesuaikan antara 5-10 Mbps (Mega Byte Per Second),” katanya.

Jaringan wifi ini nantinya gratis. Tidak ada pungutan biaya dalam setiap pemakaian. “Ini murni untuk masyarakat,” tandas Weda Darmaja sembari menyebut jika pihaknya juga sedang menyiapkan pemasangan CCTV (Closed Circuit Television) di areal Puspem Badung dan rumah sakit.





sumber : nusabali
Share this article :

DKS

Visitors Today

Recent Post

Popular Posts

Post!!

Terseret Ombak, Dua Nyawa Wisatawan Lokal 'Melayang' di Pantai Tropicola

Warga ketika mengevakuasi tubuh Kiky, Wisatawan asal Bandung, yang tewas tenggelam di Pantai Klingking, Nusa Penida, Minggu (16/9/2018) ...

The Other News

 
Support : Dre@ming Post | Dre@aming Group | I Wayan Arjawa, ST
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Ungasan - All Rights Reserved
Template Design by Dre@ming Post Published by Hot News Seventeen