Tajam, Terpercaya dan Apa Adanya
Home » , , , » Giri Prasta Serahkan Dana Hibah Rp 800 Juta Dan Bakal Bagikan 6.794 Laptop Gratis

Giri Prasta Serahkan Dana Hibah Rp 800 Juta Dan Bakal Bagikan 6.794 Laptop Gratis

Written By Dre@ming Post on Sabtu, 14 Juli 2018 | 11:24:00 AM

Bupati Badung menyerahkan dana hibah sebesar Rp 800 juta kepada krama Desa Adat Padang Luwih, Desa Dalung, Kamis (12/7) di Jaba Pura Dalem Penataran Banjar Tegaljaya, Desa Dalung, Kecamatan Kuta Utara. (atas). Badung Bakal Bagikan 6.794 Laptop Gratis (Bawah) -Gbr Ist
Bupati Serahkan Dana Hibah Rp 800 Juta

MANGUPURA - Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta menyerahkan dana hibah sebesar Rp 800 juta kepada krama Desa Adat Padang Luwih, Desa Dalung, Kamis (12/7) di Jaba Pura Dalem Penataran Banjar Tegaljaya, Desa Dalung, Kecamatan Kuta Utara. Dana tersebut untuk mendukung pelaksanaan Upacara Atma Wedana dan Manusia Yadnya Desa Adat Padang Luwih. Bantuan diterima secara simbolis oleh Bendesa Adat Padang Luwih I Ketut Oka Sudana.

Acara ini juga dihadiri Gubernur Bali terpilih I Wayan Koster dan Cokorda Artha Ardana Sukawati (Cok Ace), Ketua Gatriwara Kabupaten Badung, Dinas Kebudayaan Badung, Kementrian Agama Badung, Sekcam Kuta Utara, Perbekel Dalung I Gede Putu Arif Wiratya serta tokoh masyarakat setempat.

Bupati Giri Prasta sangat mendukung Upacara Atma Wedana dan Manusia Yadnya yang dilaksanakan krama Desa Adat Padang Luwih, Desa Dalung. Karya ini merupakan bagian dari pelestarian, seni, adat, agama, tradisi dan budaya. Upacara Atma Wedana dan Manusia Yadnya masal ini dapat meringankan dari segi biaya serta dapat meningkatkan rasa menyama braya dan gotong royong masyarakat.

“Untuk itu kami Pemkab Badung akan selalu hadir di tengah-tengah masyarakat untuk meringankan beban, paling tidak masyarakat tidak lagi mengeluarkan peson-peson atau iuran berupa dana,” jelas Bupati.

Bupati Giri Prasta juga mengatakan, dalam melaksanakan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan, Pemkab Badung telah menetapkan Pola Pembangunan Nasional Semesta Berencana (PPNSB). PPNSB mencakup lima skala prioritas program pembangunan meliputi; pangan, sandang dan papan, kesehatan dan pendidikan, jaminan sosial dan tenaga kerja, seni, adat, agama, tradisi dan budaya, serta pariwisata termasuk infrastruktur. Hal ini untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat melalui program bedah rumah, pendidikan dan kesehatan gratis, pelayanan administrasi kependudukan gratis, PBB gratis termasuk santunan kematian.

Sementara Bendesa Adat Padang Luwih I Ketut Oka Sudana menyampaikan terima kasih kepada Bupati Badung yang telah membantu pelaksanaan Upacara Atma Wedana dan Manusia Yadnya ini sehingga bisa berjalan dengan lancar. “Kami mewakili masyarakat menyampaikan terima kasih atas bantuan Bapak Bupati Badung, sehingga upacara ini dari awal upacara Ngelungah yang ikuti 49 orang, atur piuning, ngangkid yang ikuti 92 orang anak alit, lanjut metiga bulan, ngadegang manik galih, mesanan epeg, angget don bingin, ngajum sekar, murwa daksina, nunas tirta dan muja prelina ini bisa berjalan lancar,” katanya.

Badung Bakal Bagikan 6.794 Laptop Gratis

Sekali lagi, Dinas Pendidikan, Kepemudahaan, dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Badung bakal menggelontorkan laptop gratis kepada siswa di Badung.

Tapi kali ini, laptop gratis bakal dibagikan untuk siswa sekolah menengah pertama (SMP), kelas VII. Selain siswa, sejumlah guru juga mendapatkan fasilitas serupa, hanya jumlahnya terbatas. Laptop gratis yang menurut rencana dibagikan pada tahun pelajaran baru 2018/2019 totalnya mencapai 6.794 unit. Jumlah tersebut di luar jatah yang akan diberikan kepada sejumlah guru. Kepada guru jumlah laptop yang bakal dibagikan sebanyak 37 unit.

“Untuk pengadaan laptopnya sendiri pemerintah sudah menyiapkan anggaran sebesar Rp 61.607.563.800,” terang Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar Disdikpora Badung I Made Mandi, Jumat (13/7) kemarin.

Namun demikian, pihaknya juga masih menunggu jumlah final siswa yang terdaftar pada tahun ajaran kali ini. “Tapi sebagian sudah dikirim ke sekolah-sekolah. Untuk di Badung ada 22 SMP negeri,” terang Mandi.

Sama seperti perlakuan pada laptop yang dibagikan ke siswa SD, laptop yang dibagikan tidak serta merta menjadi hak milik. Sebab, laptopnya sendiri merupakan belanja modal dan menjadi aset pemerintah daerah. Sementara sekolah hanya hak pinjam pakai. “Jadi siswa SDN hanya menggunakan pada saat kelas V dan VI. Begitu juga untuk SMPN sama, setelah itu digunakan lagi oleh adik kelasnya,” kata Mandi.

Mengenai perawatan, tetap sepenuhnya kewenangan di Disdikpora. Namun, Mandi menyatakan pihaknya tak terlalu khawatir, sebab laptop tersebut mendapat garansi selama empat tahun dari rekanan.

Berarti kalau ada laptop rusak pemeliharaannya tanggung jawab rekanan? “Iya, kalau ada laptop rusak, pemeliharaannya dari rekanan. Alurnya, pihak sekolah membawa laptop yang bermasalah itu ke Dinas, kemudian rekanan mengambil di dinas untuk diperbaikai. Setelah jadi, pihak sekolah mengambil langsung ke Dinas,” tandasnya.

Seperti diketahui, pembagian laptop kepada siswa dan kepada guru merupkan inisiasi dari Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta. Tujuannya, untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Gumi Keris. Dengan tersedianya laptop, diharapkan siswa dapat lebih maksimal bekerja. Begitu juga para guru, diharapkan dapat semakin meningkatkan kualitasnya dalam mengajar. Pemberian laptop gratis sendiri telah dimulai pada tahun 2016 lalu.

Selain di bidang pendidikan, mengacu pada lima bidang prioritas dalam Pola Pembangunan Nasional Semesta Berencana (PPNSB), Pemkab Badung memfokuskan program kebijakan pro rakyat diantaranya bidang sandang, pangan dan papan, bidang kesehatan dan, bidang jaminan sosial dan tenaga kerja, bidang seni, adat, agama dan budaya dan bidang pariwisata.











sumber : nusabali
Share this article :

DKS

Visitors Today

Recent Post

Popular Posts

Post!!

Viral Di Medsos Penculikan Anak, Ternyata Kenakalan Remaja

SINGARAJA - Kabar penculikan di Busungbiu berawal dari tiga remaja perempuan yang ketakutan saat digoda pemuda di jalanan. Ada-ada ...

The Other News

 
Support : Dre@ming Post | Dre@aming Group | I Wayan Arjawa, ST
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Ungasan - All Rights Reserved
Template Design by Dre@ming Post Published by Hot News Seventeen