Tajam, Terpercaya dan Apa Adanya
Home » , , , » Caleg PDIP Wayan Disel Astawa Telah Kantongi 29.995 Suara, Suwandhi ‘Libas’ Dua Tokoh Puri

Caleg PDIP Wayan Disel Astawa Telah Kantongi 29.995 Suara, Suwandhi ‘Libas’ Dua Tokoh Puri

Written By Dre@ming Post on Jumat, 11 April 2014 | 7:32:00 AM

Di Dapil Badung pun, para caleg incumbent DPRD Bali dilaporkan berjaya. Caleg PDIP Wayan Disel Astawa, misalnya, hingga Kamis sore sudah mengklaim kantongi 29.995 suara. Jumlah tersebut belum termasuk dari input seluruh TPS. “Ada dua kecamatan lagi belum masuk, yakni Kecamatan Kuta dan Kuta Utara,” tegas Disel Astawa. Disel Astawa merupakan caleg DPRD Bali jawara di Dapil Badung pada Pileg 2009 dengan 18.560 suara.
DENPASAR - Caleg incumbent nomor urut 1 DPRD Bali dari Golkar Dapil Denpasar, Ketut Suwandhi, membuktikan keperkasaannya di TPS ‘Neraka’ Banjar Belaluan Sadmerta, Desa Dangin Puri Kauh, Kecamatan Denpasar Timur dalam Pileg 2014. Di TPS yang dijuluki arena Kurusetra ini, Suwandhi keluar sebagai jawara dengan melibas dua tokoh Puri Satria Denpasar: Ida Ayu Manik (PDIP) dan AA Ngurah Wira Bima Wikrama (Demokrat).

Ada dua TPS pencoblosan di Banjar Belaluan Sadmerta di mana Suwandhi (Wakil Ketua DPD I Golkar Bali yang juga Wakil Ketua DPRD Bali 2009-2014) nyoblos bersama AA Oka Ratmadi alias Cok Rat (tokoh Puri Satria yang Ketua DPD PDIP Bali sekaligus Ketua DPRD Bali), AA Ngurah Puspayoga (adik Cok Rat yang politisi PDIP mantan Wakil Gubernur Bali), Ida Ayu Manik (istri dari Cok Rat), dan Wira Bima Wikrama (putra mahkota Raja Denpasar IX, Ida Tjokorda Ngurah Jambe Samirana).

Hebohnya, pada dua TPS di Banjar Sadmerta Belaluan yakni TPS 11 dan TPS 12, Suwandhi keluar sebagai jawara, dengan mempecundangi Ida Ayu Manik (caleg DPRD Bali dari PDIP Dapil Denpasar) dan Wira Bima Wikrama (caleg DPRD Bali dari Demokrat Dapil Denpasar).

Di TPS 11, Suwandi mendominasi 64 suara, sementara Dayu Manik dan Wira Bima masing-masing hanya kebagian 43 suara dan 20 suara. Sedangkan di TPS 12 Belaluan Sadmerta, Suwandhi bahkan membukukan angka kemenangan mutlak. Mantan Ketua DPD II Golkar Denpasar ini mengantongi 101 suara di TPS 12, sementara Dayu Manik hanya kebagian 5 suara, dan Wira Bima cukup bangga dengan 27 suara.

Buat sementara, perolehan suara Suwandhi di Dapil Denpasar untuk Pileg 2014, belum terbendung. Hingga Kamis (10/4), Suwandhi sudah mengantongi 15.711 suara. Hal itu diperoleh tim relawan Suwandhi berdasarkan laporan kartu C1 di TPS-TPS. “Yang sudah masuk 15.711 suara. Itu catatan relawan kami. Tapi, itu hasil sementara, kita tidak mau mendahului keputusan KPU. Kita tunggu pleno KPU saja,” ujar Suwandhi saat dikonfirmasi, Kamis (10/4).

Jika data ini akurat, berarti Suwandhi sudah jauh melampaui perolehan suaranya saat Pileg 2009 lalu. Ketika itu, politisi kawakan Golkar berjuluk ‘Jenderal Kota’ ini lolos ke kursi DPRD Bali dengan perolehan 13.167 suara. Di Dapil Denpasar, Suwandhi kala itu hanya kalah suara dari Cok Rat, yang lolos ke DPRD Bali dengan predikat the best karena mengantongi 18.462 suara. Tapi, dalam Pileg 2014 kali ini, Cok Rat maju perebutkan kursi DPD RI Dapil Bali.

Sementara, para caleg incumbent DPRD Bali dari PDIP Denpasar juga diperkirakan akan melenggang mulus ke kursi Dewan hasil Pileg 2014. Caleg PDIP I Gusti Putu Budiartha, misalnya, hingga Kamis kemarin klaim sudah mengantongi 13.700 suara. Anggota Komisi II DPRD Bali ini merupakan satu-satunya caleg PDIP yang berstatus incumbent di Pileg 2014. Sedangkan dua rekan separtainya, Made Arjaya dan Cok Rat, tidak lagi maju berebut kursi DPRD Bali, karena meju sebagai calon DPD RI.

Di Dapil Badung pun, para caleg incumbent DPRD Bali dilaporkan berjaya. Caleg PDIP Wayan Disel Astawa, misalnya, hingga Kamis sore sudah mengklaim kantongi 29.995 suara. Jumlah tersebut belum termasuk dari input seluruh TPS. “Ada dua kecamatan lagi belum masuk, yakni Kecamatan Kuta dan Kuta Utara,” tegas Disel Astawa. Disel Astawa merupakan caleg DPRD Bali jawara di Dapil Badung pada Pileg 2009 dengan 18.560 suara.

Caleg incumbent DPRD Bali lainnya di Dapil Badung, IB Pada Kesuma (Golkar) juga sudah mengantongi 15.946 suara hingga kemarin petang. Sedangkan caleg incum,bent lainnya DPRD Bali dari Golkar Dapil Badung, Wayan Rawan Atmaja, mengklaim sudah dapat 11.000 suara. Hitung-hitungan relawan Rawan Atmaja belum masuk dari seluruh TPS. “Kami masih mengumpulkan terus karena di Badung Utara belum semuanya masuk,” ujar Rawan Atmaja.

Rawan Atmaja (politisi Golkar asal Desa Bualu, Kecamatan Kuta Selatan) kejar- kejaran dengan rekan separtainya, Puspanegara yang klaim sudah memperoleh 10.222 suara. “Data sementara ini, saya fokus kawal suara sendiri saja dulu. Yang lain saya tidak tahu,” kilah Puspanegara.

Sedangkan caleg incumbent DPRD Bali dari Demokrat Dapil Badung, AA Gede Gerana Putra, bahkan klaim sudah memperoleh 20.000 suara. Besan Bupati Badung AA Gde Agung ini mengatakan optimistis partainya bisa pertahankan dua kursi DPRD Bali dari Dapil Badung. “Semuanya masih proses penghitungan. Kami bisa nambah terus ini,” ujar Gerana Putra.

Sementara itu, mamntan Bupati Tabanan yang kini Sekretaris DPD PDIP Bali, Nyoman Adi Wiryatama, dilaporkan hingga kemarin telah mendulang sekitar 49.000 suara untuk kursi DPRD Bali. Adi Wiryatama yang caleg nomor urut 1 DPRD Bali dari PDIP Dapil Tabanan menargetkan tembus ke kursi Dewan dengan 50.000 suara.

Sumber di lingkaran Adi Wiryatama menyebutkan, posisi ayah kandung Bupati Tabanan Puttu Eka Wiryastuti ini sudah aman untuk melenggang ke DPRD Bali. “Suara buat babe (Adi Wiryatama, red) cukuplah untuk jadi anggota DPRD Bali. Sampai saat ini sudah dapat 49.000 lebih,” ujar salah satu anggota tim sukses Adi Wiryatama, tadi malam.

Jika benar, berarti Adi Wiryatama sudah tembus angka Bilangan Pembagi Pemilih (BPP). Asumsinya, jumlah pemilih di Tabanan dalam DPT 355.512 suara. Nila suara sah 80 persen, maka angka BPP DPRD Bali dari Dapil Tabanan sekitar 47.401 suara. Adi Wiryatama juga mengakui perolehan suara sementara masih terus bergerak. “Saat ini berdasarkan hitung-hitungan kami, raihan suara kurang lebih sudah tembus 50.000,” jelas calo Ketua DPRD Bali 2014-2019 ini.


sumber : NusaBali
Share this article :

DKS

Visitors Today

Recent Post

Popular Posts

Post!!

Jadi Kawasan Ekonomi Khusus Pulau Penyu Didukung Gubernur

Gubernur Koster saat terima mantan rombongan PT BTID di Rumah Jabatan Jaya Sabha, Kamis (22/8). DENPASAR - Gubernur Bali Wayan Koste...

The Other News

 
Support : Dre@ming Post | Dre@aming Group | I Wayan Arjawa, ST
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Ungasan - All Rights Reserved
Template Design by Dre@ming Post Published by Hot News Seventeen