Tajam, Terpercaya dan Apa Adanya
Home » » Suhu Capai 34 Derajat, Beban Listrikpun Naik

Suhu Capai 34 Derajat, Beban Listrikpun Naik

Written By Dre@ming Post on Selasa, 25 Oktober 2011 | 8:07:00 AM

Selasa, 25 Oktober 2011, 07:59

DENPASAR - Masyarakat Bali termasuk di Ungasan, Kuta, Denpasar beberapa hari belakangan ini harus ‘tersiksa’ dengan gerah dan panasnya cuaca. Tak hanya siang, malam hari pun demikian. Bahkan suhu puncak dalam dua hari terakir ini mencapai 34,2 derajat celcius.

Endro Cjahjono, Kepala Bidang Data dan Informasi BBMKG Wilayah III yang salah satunya membawahi wilayah Bali, membenarkan terjadinya kenaikan suhu udara. Menurutnya jika biasanya suhu udara hanya berkisar 30 hingga 31 derajat cecius, kondisi saat ini bertambah mencapai 34 derajat. “Pada Minggu (23/10) kemarin bahkan mencapai 34,2 derajat,” jelasnya, Senin (24/10) saat dikonfirmasi via ponselnya.

Namun demikian, khusus untuk daerah yang sudah diguyur hujan, perubahan cuaca ini tidak berpengaruh banyak. Namun sebaliknya, untuk daerah yang belum pernah terguyur hujan akan semakin panas.

Ada beberapa sebab terkait naiknya suhu udara ini, salah satunya kata dia adalah posisi matahari yang saat ini kurang lebih berada di 8 derajat lintang selatan yang mencakup wilayah Bali dan sekitarnya . “Jadi secara umum posisi matahari sedang berada di dekat-dekatnya,” imbuhnya. Kondisi ini diperkirakan akan berubah setelah memasuki bulan November. “Bulan depan (November) posisi matahari sudah bergeser kurang lebih
15 derajat lintang selatan, jadi makin menjauh. Kalau sudah makin menjauh berarti sudah tidak panas lagi,” urainya.

Sementara itu, akibat panasnya cuaca ini, beban terhadap pemakaian alat pendingin ruangan atau Air Conditioner (AC) juga semakin bertambah tinggi. Hal itu diakui oleh jubir PLN Bali Agung Mustika. Menurutnya, dalam beberapa hari terakhir ini, beban pemakaian listrik di Bali meningkat hingga mencapai 590 MW. Padahal pada hari-hari sebelumnya, puncak pemakaian hanya berkisar 540 MW. “Ya memang ada beban tambahan, bahkan malam ini mencapai beban tertinggi 590 MW,” kemarin malam.

Saat ini, kata dia, daya beban yang dimiliki oleh PLN masih diangka 680 MW, meski masih ada sisa daya namun perubahan cuaca juga berpengaruh terhadap ketersediaan daya listrik. Menurutnya, berdasarkan data yang ada, waktu puncak pemakaian saat ini berada dikisaran pukul 18.00 hingga 20.00 Wita. Itu berarti meski malam, masyarakat masih merasakan betapa panasnya cuaca tersebut. “Kita perkirakan pemakiaian lebih banyak pada AC,” jelasnya. 

sumber : NusaBali
Share this article :
  • Membuat Kartu Nama - Hampir setiap orang baik yang bekerja sebagai karyawan maupun orang yang merintis usaha pribadi berkeiinginan untuk menambah relasi. Salah satu sarana yang...
    2 jam yang lalu

Visitors Today

Recent Post

Popular Posts

Post!!

Lawan Politik PDIP Badung Di Gawangi Giri Prasta Malu, Kenapa?

Bupati Giri Prasta jauh lebih besar ketimbang bansos yang dibawa kader non PDIP untuk masyarakat Badung DENPASAR - Lawan-lawan politik...

The Other News

 
Support : Dre@ming Post | Dre@aming Group | I Wayan Arjawa, ST
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Ungasan - All Rights Reserved
Template Design by Dre@ming Post Published by Hot News Seventeen