Tajam, Terpercaya dan Apa Adanya
Home » , » Gerakkan Terlalu Sempurna Milik Iron Man Bali Sehingga....

Gerakkan Terlalu Sempurna Milik Iron Man Bali Sehingga....

Written By Dre@ming Post on Sabtu, 23 Januari 2016 | 10:48:00 AM

I Wayan Sumardana (31) alias Sutawan, pria asal Banjar Tauman, Desa Nyuhtebel, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem, Bali, sedang mengenakan tangan robot untuk membantunya bekerja sehari-hari sebagai tukang las, Jumat (22/1/2016) .
SURABAYA - Pusat kendali (controller) dan sumber tenaga tidak ada dalam robot lengan milik warga bali yang dikenal Iron Man.

Selain itu, gerakan lengan yang digerakkan terlalu sempurna itu melebihi temuan yang ada di negara-negara maju.

Sehingga bisa dikatakan temuan robot pengontrol pikiran milik Wayan hanya fiktif belaka.

Hal ini ditegaskan dosen Teknik Elektro Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya, Rudy Dikairono ST MT.

“Teknologinya sudah ada, tetapi yang terlihat di media massa itu pasti bukan robot yang dikendalikan dengan pikiran,” lanjutnya.

Ia menambahkan hal ini terlihat dari respon gerakan yang terlalu sempurna.

Padahal sampai saat ini temuan di negara-negara maju, robot lengan yang digerakkan pikiran hanya mampu bergerak naik turun, menekuk, dan menggenggam.

“Negara maju sudah mengembangkan, belum ada level sempurna. Belum bisa juga mengatur besarnya kekuatan cengkraman robot,” tuturnya.

Selain itu, pada robot penggerak pikiran biasanya terdapat sensor clip bulat yang diletakkan di kepala. Atau bagian kepala dihilangkan dari rambut, dan melalui pori-pori kepala itu dipasang sensor dan jumlahnya banyak.

“Peletakan sesnsor pada kulit kepala ini, bisa mempresentasikan yang terbaca dari otak. Jadi otak memerintahkan dan disalurkan lewat sinapsis (jalur saraf) uakkan lengan robot,” jelasnya.

Di ITS Surabaya sendiri riset dosen dan mahasiswa masih mengembangkan robot lengan secara terpisah dengan sensor pembaca pikiran yang dimulai sejak 2010.








propinsibali.com_____
sumber : tribun
Share this article :
  • Membuat Kartu Nama - Hampir setiap orang baik yang bekerja sebagai karyawan maupun orang yang merintis usaha pribadi berkeiinginan untuk menambah relasi. Salah satu sarana yang...
    2 hari yang lalu

Visitors Today

Recent Post

Popular Posts

Post!!

Tanpa Urunan, PDIP Gotong Royong Menangkan KBS-Ace

DENPASAR - Kader PDIP gotong-royong dalam memenangkan KBS-Ace (Wayan Koster-Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati), pasangan Cagub-Cawagub ...

The Other News

 
Support : Dre@ming Post | Dre@aming Group | I Wayan Arjawa, ST
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Ungasan - All Rights Reserved
Template Design by Dre@ming Post Published by Hot News Seventeen