Tajam, Terpercaya dan Apa Adanya
Home » , , , » Hore!! PLN Batal Hapus 900 VA Dan 450 VA Masih Full Subsidi

Hore!! PLN Batal Hapus 900 VA Dan 450 VA Masih Full Subsidi

Written By Dre@ming Post on Selasa, 16 Mei 2017 | 8:23:00 AM

DENPASAR - PLN Distribusi Bali masih memberikan kebijakan terhadap pemakaian listrik dengan daya 900 VA yang sebelumnya sempat santer masyarakat yang menggunakan daya 900 VA harus menaikkan daya menjadi 1300 VA.

Dari 900 VA itu pihak PLN memberikan kebebasan terhadap masyarakat untuk memilih menaikkan atau menurunkan daya yang dimiliki sekarang ini.

Hal itu diungkapkan oleh Deputi Manajer Komunikasi dan Bina Lingkungan PLN Distribusi Bali I Gusti Ketut Putra saat dikonfirmasi, Senin (15/5). Menurutnya selama ini masyarakat masih bertanya dengan daya 900 VA tersebut karena PLN sempat menaikkan pelanggan dari 900 VA ke 1300 VA. Dengan banyaknya pelanggan yang memilih untuk menggunakan 900 VA, dengan kemampuan pembayaran yang dimiliki, pihaknya membuka kembali bagi yang ingin menaikkan daya ataupun menurunkan ke 900 VA itu bisa dilakukan.

"Kami masih membijaki itu karena 900 VA masih banyak dibutuhkan dan sesuai dengan kemampuan pelanggan, oleh karena itu kami membuka bagi siapapun pelanggan yang ingin melakukan tambah daya ke 900 VA maupun yang ingin melakukan penurunan terhadap daya dari 1300 VA ke 900 VA masih bisa dilakukan. Jika memang ingin melakukan penambahan itu tentu harus melakukan pendaftaran sesuai dengan prosedur yang sudah dipermudah sekarang ini," ujarnya.

Selain itu menurut Putra, tambah daya untuk 900 VA juga masih diberikan subsidi namun tidak semuanya. Menurut Putra, subsidi yang diberikan khusus untuk pelanggan yang sudah terdaftar di Basis Data Terbaru (BDT) dan sudah terverifikasi dalam golongan kurang mampu.

"Sementara yang termasuk golongan mampu tidak akan mendapatkan subsidi karena akan ada kode pada kilometer yang akan ditempatkan seperti R1M. M itu berarti mampu, kalau sudah ada seperti itu otomatis pelanggan tidak mendapatkan subsidi. Jadi untuk subsidi yang 900 VA masih ada subsidi sesuai dengan BDT, namun untuk yang 450 VA semua masih disubsidi," ujarnya.

Lanjut Putra, selain itu pihaknya juga masih memberikan kebijakan bahwa pelanggan yang ingin menaikkan daya yang dulunya pembayarannya memakai pasca bayar, masih bisa dilakukan dengan pasca bayar. "Kemarin kan mereka menganggap yang pasca bayar jika ingin menaikkan daya harus mengganti dengan kilometer pulsa, namun untuk saat ini itu tidak diharuskan. Bagi yang menggunakan pasca bayar dan masih tetap ingin melakukan pembayaran dengan sistem itu masih bisa dilakukan," tandasnya.

Sementara, Deputi Manajer Strategi Pemasaran, I Ketut Adi Artika mengatakan untuk subsidi yang diberikan sudah disesuaikan dengan kemampuan dari pelanggan itu sendiri, karena menurutnya mekanisme yang saat ini diterapkan membuat pertumbuhan pelanggan setiap bulannya mencapai 1,5 persen yang memang indikator tidak mampu. "Artinya yang dulunya memang masih menggunakan sambungan atau meminjam ke tetangga kini sudah bisa menikmati listrik sendiri dengan subsidi yang tertera di BDT. Sehingga pertumbuhan yang terjadi setiap bulannya mencapai 1,5 persen," ujarnya.

Dari data yang dimiliki PLN distribusi Bali, untuk pelanggan 450 VA seluruhnya masih mendapatkan subsidi. Sedangkan untuk pelanggan yang 900 VA hingga bulan April, ada 40. 295 pelanggan yang masih mendapatkan subsidi, namun sisanya 303.112 pelanggan sudah tidak disubsidi.











sumber : nusabali
Share this article :

Visitors Today

Recent Post

Popular Posts

Post!!

Melerai Keributan Pemuda Asal NTT, Dua Buruh Ditusuk di Nusa Dua

"Panjiono bilang ke mereka, teman kalau berkelahi jangan disini. Lebih baik berkelahi diluar saja karena sekarang waktu untuk istira...

The Other News

 
Support : Dre@ming Post | Dre@aming Group | I Wayan Arjawa, ST
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Ungasan - All Rights Reserved
Template Design by Dre@ming Post Published by Hot News Seventeen