Tajam, Terpercaya dan Apa Adanya
Home » , , » Selipkan Huruf Dewa Negari, PHDI Seragamkan Tayangan Puja Tri Sandya

Selipkan Huruf Dewa Negari, PHDI Seragamkan Tayangan Puja Tri Sandya

Written By Dre@ming Post on Jumat, 23 Januari 2015 | 7:28:00 AM

TRI SANDYA - Made Surada narasumber Parisada Hindu Dharma Indonesia saat menyampaikan beberapa poin koreksi tentang penayangan Puja Tri Sandya pada sejumlah media elektronik di Gedung PDHI, Kamis (22/1).
DENPASAR - Suasana diskusi antara Parisadha Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Bali, Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Bali, dan perwakilan media di Kantor PHDI, Jalan Ratna nomor 71 Denpasar, Kamis (22/1), berlangsung seru. Banyak masukan yang diterima oleh PHDI dan KPID Bali, terkait tampilan Puja Tri Sandya yang akan ditayangkan di televisi.

Akademisi IHDN Denpasar, Dr Made Surada mengatakan, tayangan Puja Tri Sandya di televisi selama ini perlu segera disempurnakan. "Ada beberapa catatan yang harus diperbaiki, contohnya antara terjemahan dan teks yang tidak sesuai," ungkapnya.

Kepala Operasional Big TV, I Nyoman Keramas, pun berharap PHDI Bali dan KPID Bali menyiapkan audio rekaman Tri Sandya sehingga ada keseragaman baik dari segi durasi maupun pengucapan.

"Bagaimana kalau PHDI dan KPID yang menentukan standarisasinya, agar bisa seragam, tolong dibuatkan dalam artian reng (wirama) dan audio yang sama untuk kami," ujarnya.

Hal ini langsung ditanggapi oleh Ketua PHDI Bali, I Gusti Ngurah Sudiana, yang mengatakan ide ini sangat brilian. "Solusinya perlu rekaman lagi, untuk menentukan reng yang pasti dan kita akan memilih siapa yang akan direkam suaranya," ujar Sudiana.

Ia menambahkan, pemilihan pedanda yang akan membaca Sruti menjadi hal penting, khususnya untuk penentuan durasi dan visual.

Tayangan Puja Tri Sandya ke depan harus sesuai dengan pedoman rekomendasi PHDI Bali No 4/Pesamuhan Madya II/PHDI Bali/XI/2014 tentang Pedoman Tayangan Puja Tri Sandya pada media elektronik.





ungasan.com
sumber : tribun
Share this article :

DKS

Visitors Today

Recent Post

Popular Posts

Post!!

Fakta Terungkap, Diperkirakan 10 Kg Sabu-sabu Senilai Rp 15 Miliar Lolos di Ngurah Rai

Manjet Singh (23) bersama rekannya Harvinder Singh (26) asal India diamankan polisi. Keduanya diamankan saat tinggal di kamar hotel nomor...

The Other News

 
Support : Dre@ming Post | Dre@aming Group | I Wayan Arjawa, ST
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Ungasan - All Rights Reserved
Template Design by Dre@ming Post Published by Hot News Seventeen