Tajam, Terpercaya dan Apa Adanya
Home » , , , » Mantap! PLTU Celukan Bawang Siap Operasi Mei

Mantap! PLTU Celukan Bawang Siap Operasi Mei

Written By Dre@ming Post on Senin, 04 Mei 2015 | 7:07:00 AM

Dengan akan beroperasinya PLTU Celukan Bawang dipastikan akan mencukupi ketersediaan daya listrik di Bali. Hal tersebut disampaikan mantan General Manager PT PLN (Persero) Distribusi Bali Syamsul Huda saat diterima Wakil Gubernur Bali Ketut Sudikerta di ruang kerjanya, Kamis (30/4).
DENPASAR - PLTU Celukan Bawang akan siap beroperasi mulai 29 Mei 2015. Saat ini tengah dalam tahap akhir pengetesan alat-alat. PLTU Celukan Bawang yang nantinya akan memiliki kapasitas 380 MW ini untuk mencukupi kapasitas daya listrik di Bali. Sebelumnya, kapasitas listrik di Bali mencapai 850 MW yang berasal dari kabel laut 340 MW, Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) Gilimanuk 130 MW, PLTG Pemaron 80 MW, dan sisanya dari PLTG Pesanggaran.

Dari kapasitas daya listrik tersebut, konsumsi listrik masyarakat Bali sebanyak 781 MW, dan sebesar 69 MW adalah cadangan. Namun cadangan ini dinilai tidak ideal untuk mensuplai kebutuhan listrik yang ada di Bali. Oleh karenanya, dengan akan beroperasinya PLTU Celukan Bawang dipastikan akan mencukupi ketersediaan daya listrik di Bali. Hal tersebut disampaikan mantan General Manager PT PLN (Persero) Distribusi Bali Syamsul Huda saat diterima Wakil Gubernur Bali Ketut Sudikerta di ruang kerjanya, Kamis (30/4).

Pada kesempatan itu Wagub meminta PT PLN (Persero) memberi perhatian khusus suplai listrik bagi masyarakat Bali yang berada di pedalaman. Wagub yang didampingi Sekretaris Provinsi Bali Cok Ngurah, mengungkapkan bahwa masih banyak masyarakat Bali yang ada di pelosok belum mendapatkan akses listrik, seperti yang berada di Karangasem dan Buleleng. Dia berharap PLN bisa terus meningkatkan kinerjanya untuk mencukupi suplai listrik di Bali, sehingga Bali bisa mandiri dalam hal kelistrikan. Terkait akses listrik bagi masyarakat di pedalaman, Syamsul Huda memohon Pemprov Bali dapat mengkoordinasikan pemerintah kabupaten agar menyediakan akses jalan ke pedalaman tersebut. Sehingga PLN dapat mendistribusikan listrik ke tempat–tempat yang belum tersentuh listrik, mengingat hal ini juga menjadi komitmen Kementerian Energi dan Sumber Daya Manusia (ESDM) RI serta PLN untuk menjangkau masyarakat yang ada di daerah terpencil. Pada kesempatan itu Syamsul Huda memperkenalkan GM PT PLN Distribusi Bali yang baru yaitu Doddy B Pangaribuan. Hadir pula dalam kesempatan tersebut Asisten Ekonomi Pembangunan Pemprov Bali Ketut Wija, Kepala Bappeda Provinsi Bali Putu Astawa, serta perwakilan dari Biro Ekonomi Pembangunan Pemprov Bali.

Sebelumnya diberitakan, PLN Bali targetkan pertumbuhan konsumsi energi tahun 2015 mencapai 12,96 persen. Target ini jauh melebihi capaian pertumbuhan konsumsi energi pada 2014 yang sebesar 10,75 persen. Target pertumbuhan ini optimistis bisa tercapai, dengan dukungan beroperasinya PLTU Celukan Bawang pada akhir Mei 2015 ini. “Kemajuan suatu negara indikatornya adalah konsumsi listrik yang tinggi. Nah kita di Indonesia masih tergolong rendah,” kata Syamsul Huda. Dia memaparkan, sebagaimana program pemerintah Jokowi-JK terkait kelistrikan adalah menambah daya hingga 35 ribu MW dalam kurun waktu lima tahun dengan 80 persen dari kapasitas ekstrem. “Meski demikian, jangan diartikan pemborosan. Pemakaian listrik tetap seperlunya,” pesannya.











sumber : nusabali
Share this article :

Visitors Today

Recent Post

Popular Posts

Post!!

Melerai Keributan Pemuda Asal NTT, Dua Buruh Ditusuk di Nusa Dua

"Panjiono bilang ke mereka, teman kalau berkelahi jangan disini. Lebih baik berkelahi diluar saja karena sekarang waktu untuk istira...

The Other News

 
Support : Dre@ming Post | Dre@aming Group | I Wayan Arjawa, ST
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Ungasan - All Rights Reserved
Template Design by Dre@ming Post Published by Hot News Seventeen